Unigal Repository

Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Menggunakan Konteks Anyaman Ketupat untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Gaya Kognitif Siswa

Show simple item record

dc.contributor.author Liana, Dhea Ayu
dc.date.accessioned 2024-09-05T01:12:40Z
dc.date.available 2024-09-05T01:12:40Z
dc.date.issued 2024-09-04
dc.identifier.other Dhea Ayu Liana
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/5181
dc.description.abstract Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih rendah, terbukti dari beberapa kajian literatur yang ditemukan, serta hasil observasi awal. Selain itu, proses penerimaan informasi siswa itu berbeda yang disebut gaya kognitif. Gaya kognitif ada yang dinamakan gaya kognitif field dependent dan gaya kognitif field independent. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang memperoleh pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) menggunakan konteks anyaman ketupat dengan siswa yang memperoleh pembelajaran langsung; (2) Mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mempunyai gaya kognitif field dependent dengan siswa yang mempunyai gaya kognitif field independent pada kelas yang diberi pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) menggunakan konteks anyaman ketupat. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Exsperimental Design dengan bentuk Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Baregbeg. Diambil dua kelas yaitu kelas VIII B dan VIII C. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan Group Embedded Figures Test (GEFT). Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Adanya perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang memperoleh pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) menggunakan konteks anyaman ketupat dengan siswa yang memperoleh pembelajaran langsung; (2) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara gaya kognitif field dependent dan gaya konitif field independent pada kelas yang diberi pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) menggunakan konteks anyaman ketupat. en_US
dc.description.sponsorship Zakiah, Nur Eva Sunaryo, Yoni en_US
dc.language.iso other en_US
dc.subject Gaya Kognitif en_US
dc.subject Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis en_US
dc.subject Konteks Anyaman Ketupat en_US
dc.subject Realistic Mathematics Education (RME) en_US
dc.title Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Menggunakan Konteks Anyaman Ketupat untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Gaya Kognitif Siswa en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account