| dc.contributor.author | Oktaviani, Arsita Aulia | |
| dc.date.accessioned | 2024-09-04T01:15:25Z | |
| dc.date.available | 2024-09-04T01:15:25Z | |
| dc.date.issued | 2024-09-03 | |
| dc.identifier.uri | http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/5169 | |
| dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan koneksi matematis dan self concept siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi-experiment dengan desain posttest only control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Cijeunjing dengan populasi berjumlah delapan kelas. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling dengan sampel penelitian terdiri dari dua kelas, di mana satu kelas sebagai kelompok kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional, dan satu kelas sebagai kelompok eksperimen yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan homogenitas sebagai uji prasyarat, kemudian hasil uji hipotesis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata dan effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD mempengaruhi kemampuan koneksi matematis siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Selain itu, terdapat pengaruh self concept siswa antara kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional dan setelah mengikuti pembelajaran dengan model STAD. Hal ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran koopertif tipe STAD terhadap kemampuan koneksi matematis dan self concept siswa di tingkat pendidikan menengah. | en_US |
| dc.description.sponsorship | Nuraida, Ida Zamnah, Lala Nailah | en_US |
| dc.language.iso | other | en_US |
| dc.publisher | Pendidikan Matematika / FKIP | en_US |
| dc.title | Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis dan Self Concept Siswa | en_US |
| dc.type | Other | en_US |