Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi bahwa kompetensi pedagogik guru dan
sarana prasarana pembelajaran menjadi dua komponen penting dalam
proses belajar mengajar peserta didik. Maka dari itu, dalam penelitian
ini ingin melihat pengaruh dua komponen tersebut terhadap motivasi
belajar peseta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan
mengetahui pengaruh 1) Kompetensi pendagogik guru terhadap
motivasi belajar peserta didik, 2) Sarana prasarana pembelajaran
terhadap motivasi belajar peserta didik, 3) Kompetensi pendagogik
guru dan sarana prasarana pembelajaran terhadap motivasi belajar
peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode
kuantitatif. Sebanyak 100 partisipan yang merupakan guru di SMPN
Rayon 1 Kabupaten Garut telah berpartisipasi dalam penelitian ini.
Pengambilan data dilakukan melalui pengisian kuesioner secara online
yang diberikan melalui Google Form. Data yang diperoleh dianalisis
dengan menggunakan uji deskriptif dan uji regresi. Hasil penelitiaan
menunjukkan bahwa: 1) Kompetensi pedagogik guru berpengaruh
positif terhadap peserta didik ini berarti semakin tinggi kompetensi
pedagogik guru semakin meningkat motivasi belajar peserta didik, 2)
Sarana dan prasarana pembelajaran berpengaruh secara positif terhadap
motivasi belajar peserta didik ini berarti adanya sarana prasarana
pembelajaran yang semakin baik semakin meningkat terhadap motivasi
belajar peserta didik, 3) Kompetensi Pedagogik dan sarana prasarana
secara bersama-sama memberikan pengaruh positif terhadap motivasi
belajar peserta didik, tetapi sarana dan prasarana pembelajaran lebih
besar pengaruhnya terhadap motivasi belajar peserta didik
dibandingkan kompetensi pedagogik guru. Pengoptimalisasian dalam
kompetensi pedagogik guru maupun sarana dan prasarana
pembelajaran menjadi hal dibutuhkan mempertimbangkan pengaruh
keduanya.