dc.contributor.author |
Purwanto, Andre |
|
dc.date.accessioned |
2024-09-03T01:04:19Z |
|
dc.date.available |
2024-09-03T01:04:19Z |
|
dc.date.issued |
2024-09-02 |
|
dc.identifier.other |
2118200019 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/5149 |
|
dc.description.abstract |
Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah kemampuan penalaran
matematis siswa SMP masih rendah. Dari berbagai literatur kajian pustaka dan
penelitian yang dilakukan sebelumnya, diprediksi bahwa pembelajaran dengan
menggunakan pendekatan kontekstual melalui model problem based learning
dapat membantu siswa dalam memperbaiki kemampuan penalaran matematis
yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan
kemampuan penalaran matematis siswa antara yang menggunakan pendekatan
kontekstual melalui model problem based learning dengan yang menggunakan
pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian quasi
eksperimental dengan desain penelitian nonequivalent pretest-posttest control
group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII
SMP Negeri 2 Banjar. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu
kelas VIII-F sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-H sebagai kelas kontrol
dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan
berupa soal tes kemampuan penalaran matematis. Berdasarkan hasil analisis
menunjukkan terdapat perbedaan peningkatan kemampuan penalaran
matematis siswa antara yang menggunakan pendekatan kontekstual melalui
model problem based learning dengan yang menggunakan pembelajaran
konvensional. Penerapan pendekatan kontekstual melalui model problem
based learning memunculkan inovasi baru untuk memecahkan masalah dalam
proses pembelajaran yang sedang berlangsung. Penerapan pendekatan
kontekstual melalui model problem based learning menumbuhkan rasa percaya
diri siswa agar ikut terlibat menyampaikan pendapatnya. |
en_US |
dc.description.sponsorship |
Asep Amam
Ai Tusi Fatimah |
en_US |
dc.language.iso |
other |
en_US |
dc.publisher |
Pendidikan Matematika/FKIP |
en_US |
dc.subject |
Pendekatan Kontekstual |
en_US |
dc.subject |
Model Problem Based Learning |
en_US |
dc.subject |
Kemampuan Penalaran Matematis |
en_US |
dc.title |
Penerapan Pendekatan Kontekstual Melalui Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa |
en_US |
dc.type |
Other |
en_US |