dc.contributor.author |
Fenti, Agustin |
|
dc.date.accessioned |
2024-09-03T00:57:43Z |
|
dc.date.available |
2024-09-03T00:57:43Z |
|
dc.date.issued |
2024-09-02 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/5146 |
|
dc.description |
Cover Skripsi
Lembar Pengesahan Skripsi
Lembar Persetujuan Skripsi
Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Tabel, Daftar Gambar, Daftar Lampiran
Bab 1
Bab 2
Bab 3
Bab 4
Bab 5
Daftar Isi
Lampiran-lampiran |
en_US |
dc.description.abstract |
Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang masih rendah. Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan hal yang sangat penting untuk memudahkan siswa dalam memecahkan suatu masalah dalam pembelajaran. Salah satu pendekatan yang mampu meningkatkan pembelajaran yaitu pendekatan Realistic Mathematic Education (RME). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang diberi pembelajaran dengan pendekatan RME menggunakan permainan tradisional engklek dengan siswa yang diberi pembelajaran dengan pendekatan RME menggunakan permainan tradisional kelereng. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi experimental (eksperimen semu), dengan bentuk Posttest – Only Control Design. Teknik analisis data menggunakan uji t-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Plus Ma’arif Al Mushlihuun yang terdiri dari dua kelas dengan pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel yang digunakan yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen pertama sebanyak 20 siswa dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen kedua sebanyak 20 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan pemahaman konsep matematis sebanyak tiga soal uraian pada materi segiempat (persegi dan persegi panjang). Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang diberi pembelajaran dengan pendekatan RME menggunakan permainan tradisional engklek dengan siswa yang diberi pembelajaran dengan pendekatan RME menggunakan permainan tradisional kelereng. |
en_US |
dc.description.sponsorship |
Zakiah,Eva,Nur.
Solihah,Sri. |
en_US |
dc.language.iso |
en |
en_US |
dc.subject |
Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Menggunakan Permainan Tradisional Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa |
en_US |
dc.title |
Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Menggunakan Permainan Tradisional Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa |
en_US |