dc.contributor.author |
Pratiwi, Putri |
|
dc.date.accessioned |
2024-08-29T02:18:58Z |
|
dc.date.available |
2024-08-29T02:18:58Z |
|
dc.date.issued |
2024-08-28 |
|
dc.identifier.other |
2118200018 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/5071 |
|
dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi himpunan ditinjau dari tipe kepribadian David Keirsey yaitu: guardian, artisan, rational dan idealist. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas VII A MTs Al-Ishlah Gandrungmangu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan pemberian angket The Keirsey Temperament Sorter (KTS), tes kemampuan representasi matematis, dan wawancara. Hasil penelitian berdasarkan indikator Villegas menunjukan bahwa subjek-1 tipe kepribadian guardian mampu memenuhi indikator representasi simbolik dan verbal pada soal 1. Mampu memenuhi indikator representasi verbal dan tidak mampu memenuhi indikator simbolik pada soal 2. Mampu memenuhi indikator representasi gambar, simbolik dan verbal pada soal 3. Subjek-2 tipe kepribadian artisan mampu memenuhi indikator representasi simbolik dan verbal pada soal 1. Mampu memenuhi indikator representasi simbolik dan verbal pada soal 2. Mampu memenuhi indikator representasi simbolik dan verbal tetapi tidak mampu memenuhi indikator representasi gambar pada soal 3. Subjek-3 tipe kepribadian rational mampu memenuhi indikator representasi simbolik dan tidak mampu memenuhi indikator representasi verbal pada soal 1. Mampu memenuhi indikator representasi verbal dan tidak mampu memenuhi indikator simbolik pada soal 2. Mampu memenuhi indikator representasi gambar, simbolik dan verbal pada soal 3. Subjek-4 tipe kepribadian idealist mampu memenuhi indikator representasi simbolik dan verbal pada soal 1. Mampu memenuhi indikator representasi simbolik dan verbal tetapi pada representasi simbolik jawaban kurang tepat pada soal 2. Mampu memenuhi indikator representasi simbolik dan verbal tetapi tidak mampu memenuhi indikator representasi gambar pada soal 3. |
en_US |
dc.description.sponsorship |
Angra Meta Ruswana
Ida Nuraida |
en_US |
dc.language.iso |
other |
en_US |
dc.publisher |
Pendidikan Matematika/FKIP |
en_US |
dc.subject |
Kemampuan representasi matematis |
en_US |
dc.subject |
soal cerita himpunan |
en_US |
dc.subject |
tipe kepribadian |
en_US |
dc.title |
Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Himpunan Ditinjau dari Tipe Kepribadian David Keirsey |
en_US |
dc.type |
Other |
en_US |