Unigal Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MENGGUNAKAN MULTIMEDIA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA

Show simple item record

dc.contributor.author Nurjamillah, Shopa
dc.date.accessioned 2024-08-22T03:39:38Z
dc.date.available 2024-08-22T03:39:38Z
dc.date.issued 2024-08-22
dc.identifier.issn Shopa Nurjamillah
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/4899
dc.description.abstract Shopa Nurjamillah. Judul Skripsi “Pengaruh Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Menggunakan Multimedia Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa. Penyusunan Skripsi ini dibawah bimbingan Romdah Romansyah, M.Pd.M.Si., sebagai pembimbing I dan Lia Yulisma,S.Pd.M.Si., sebagai pembimbing II. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan literasi sains yang masih rendah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pengaruh model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Menggunakan Multimedia Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa SMA pada mata pelajaran Biologi. Waktu Penelitian ini pada bulan Mei 2024. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa XI MIPA 1 di sma negeri 1 baregbeg. Anggota sampel terdiri dari satu kelas dengan jumlah 24 siswa. Desain penelitian ini di gunakan adalah One Group Pretest-Postest Design. Instrumen yang digunakan berupa tes tertulis dalam bentuk soal uraian yang mengacu pada indikator literasi sains. Data hasil penelitian dianalisi secara statistik dengan uji normalitas dan uji hipotesis menggunakan uji Z. Hasil Penelitian menunjukan adanya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan multiimedia terhadap kemampuan literasi sains siswa SMA pada mata pelajaran biologi. Hal ini ditunjukan dengan data berdistribusi normal dan uji hipotesis diterima. Berdasarkan perhitungan uji Z diketahui bahwa Zhitung > Ztabel dimana Zhitung 3,3 > 2,33 . Sehingga dapat di simpulkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Menggunakan Multimedia berpengaruh signifikan terhadap kemampuan Literasi Sains siswa SMA pada Mata Pelajaran Biologi. en_US
dc.description.sponsorship Romansyah, Romdah. Yulisma, Lia. en_US
dc.language.iso en en_US
dc.publisher Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan en_US
dc.subject Literasi Sains, Problem Based Learning (PBL), Multimedia. en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MENGGUNAKAN MULTIMEDIA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account