Unigal Repository

Efektivitas Pelayanan E-Puskesmas di Puskesmas Parigi Kabupaten Pangandaran

Show simple item record

dc.contributor.author Khoerunisya, Fia
dc.date.accessioned 2024-08-19T07:24:03Z
dc.date.available 2024-08-19T07:24:03Z
dc.date.issued 2024-08-03
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/4811
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi Efektivitas Pelayanan E-Puskesmas di Puskesmas Parigi Kabupaten Pangandaran yang masih belum efektif. Hal ini terbukti dari adanya beberapa permasalahan yaitu masih kurangnya sarana dan prasarana yang tersedia di Puskesmas Parigi dalam hal pemberian pelayanan e-Puskesmas, seperti jaringan listrik dan internet yang belum memadai pelaksanaan pelayanan, sehingga pelayanan yang diberikan kepada masyarakat akan terhambat apabila dalam keadaan offline. Adanya sistem e-Puskemas yang seharusnya menjadi akses masyarakat untuk melakukan pelayanan kesehatan melalui e-Puskemas tetapi tidak dapat di akses oleh masyarakat sehingga masyarakat banyak yang tidak mendapatkan pelayanan yang sesuai dengan yang terdapat pada fitur e-Puskemas. Belum adanya pengembangan terhadap website e-puskesmas lebih lanjut. Berdasarkan beberapa permasalahan tersebut, kesimpulan rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana efektivitas pelayanan e-puskesmas di Puskesmas Parigi Kabupaten Pangandaran? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas pelayanan e-puskesmas di Puskesmas Parigi Kabupaten Pangandaran. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan keseluruhan informan yang berjumlah 6 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu studi pustaka, studi lapangan yang terdiri dari observasi dan wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan atau analisis data yang digunakan penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi, serta triangulasi data. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa efektivitas pelayanan e-puskesmas di Puskesmas Parigi Kabupaten Pangandaran belum berjalan efektif. Dimana dalam 11 indikator yang digunakan alat ukur penelitian masih ada 6 indikator yang belum optimal. Hambatan yang ditemukan dalam efektivitas pelayanan e-puskesmas di Puskesmas Parigi Kabupaten Pangandaran yaitu kurangnya sarana dan prasarana yang tersedia di Puskesmas Parigi, adanya sistem e-Puskemas yang seharusnya menjadi akses masyarakat untuk melakukan pelayanan kesehatan melalui e-Puskemas tetapi tidak dapat di akses oleh masyarakat, dan belum adanya pengembangan terhadap website e-puskesmas lebih lanjut. Upaya untuk mengatasi hambatan dalam efektivitas pelayanan e-puskesmas di Puskesmas Parigi Kabupaten Pangandaran yaitu menambah dan memperbaiki sarana prasarana yang kurang baik, memperbaiki serta mengembangkan lebih lanjut website tersebut agar dapat diakses oleh masyarakat dan melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai manfaat adanya e-puskesmas agar dapat mengoptimalkan pelayanan dengan optimal dan maksimal. en_US
dc.description.sponsorship Risnawan, Wawan Wardani, Ari Kusumah en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Administrasi Publik en_US
dc.subject Efektivitas Pelayanan, E-Puskesmas en_US
dc.title Efektivitas Pelayanan E-Puskesmas di Puskesmas Parigi Kabupaten Pangandaran en_US
dc.title.alternative Efektivitas Pelayanan en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account