Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi Efektivitas Pelayanan E-Puskesmas di Puskesmas
Parigi Kabupaten Pangandaran yang masih belum efektif. Hal ini terbukti dari
adanya beberapa permasalahan yaitu masih kurangnya sarana dan prasarana yang
tersedia di Puskesmas Parigi dalam hal pemberian pelayanan e-Puskesmas, seperti
jaringan listrik dan internet yang belum memadai pelaksanaan pelayanan, sehingga
pelayanan yang diberikan kepada masyarakat akan terhambat apabila dalam
keadaan offline. Adanya sistem e-Puskemas yang seharusnya menjadi akses
masyarakat untuk melakukan pelayanan kesehatan melalui e-Puskemas tetapi tidak
dapat di akses oleh masyarakat sehingga masyarakat banyak yang tidak
mendapatkan pelayanan yang sesuai dengan yang terdapat pada fitur e-Puskemas.
Belum adanya pengembangan terhadap website e-puskesmas lebih lanjut.
Berdasarkan beberapa permasalahan tersebut, kesimpulan rumusan masalah dalam
penelitian ini yaitu bagaimana efektivitas pelayanan e-puskesmas di Puskesmas
Parigi Kabupaten Pangandaran? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas
pelayanan e-puskesmas di Puskesmas Parigi Kabupaten Pangandaran. Metode
penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan keseluruhan informan
yang berjumlah 6 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu studi
pustaka, studi lapangan yang terdiri dari observasi dan wawancara, dan
dokumentasi. Teknik pengolahan atau analisis data yang digunakan penelitian ini
adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi, serta
triangulasi data. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa efektivitas pelayanan
e-puskesmas di Puskesmas Parigi Kabupaten Pangandaran belum berjalan efektif.
Dimana dalam 11 indikator yang digunakan alat ukur penelitian masih ada 6
indikator yang belum optimal. Hambatan yang ditemukan dalam efektivitas
pelayanan e-puskesmas di Puskesmas Parigi Kabupaten Pangandaran yaitu
kurangnya sarana dan prasarana yang tersedia di Puskesmas Parigi, adanya sistem
e-Puskemas yang seharusnya menjadi akses masyarakat untuk melakukan
pelayanan kesehatan melalui e-Puskemas tetapi tidak dapat di akses oleh
masyarakat, dan belum adanya pengembangan terhadap website e-puskesmas lebih
lanjut. Upaya untuk mengatasi hambatan dalam efektivitas pelayanan e-puskesmas
di Puskesmas Parigi Kabupaten Pangandaran yaitu menambah dan memperbaiki
sarana prasarana yang kurang baik, memperbaiki serta mengembangkan lebih lanjut
website tersebut agar dapat diakses oleh masyarakat dan melakukan sosialisasi
kepada masyarakat mengenai manfaat adanya e-puskesmas agar dapat
mengoptimalkan pelayanan dengan optimal dan maksimal.