Abstract:
Telah dilakukan penelitian mengenai Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Berbantuan Flash Card Dalam Melatih Kemampuan Kolaboratif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble berbantuan flash card dalam melatih kemampuan kolaboratif. Waktu penelitian pada bulan Februari sampai Mei 2024. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X IPA SMA Negeri 1 Kawali. Sampel yang digunakan yaitu kelas X IPA 1 dengan jumlah 36 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif melalui pendekatan kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan one-shot case study design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi berdasarkan indikator yang telah ditentukan. Data yang diperoleh dengan hasil persentase menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble berbantuan flash card efektif dalam melatih kemampuan kolaboratif peserta didik. Hal ini ditunjukkan pada hasil rata-rata persentase dari semua indikator aspek kemampuan kolaboratif peserta didik yaitu 90 dengan kriteria sangat baik.