Abstract:
Model pembelajaran kooperatif, telah menjadi perhatian utama dalam dunia pendidikan karena mendorong interaksi antar peserta didik, pembelajaran aktif, dan pengembangan keterampilan sosial. Varian dari model pembelajaran kooperatif yang menarik untuk diteliti adalah model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT). Tujuan dilaksanakannya penelitian ini yaitu, untuk mengetahui bagaimana Kemampuan Kolaboratif Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament di Kelas X pada Mata Pelajaran Biologi Materi Pencemaran Lingkungan. Waktu penelitian pada Bulan Januari sampai Mei 2024. Populasi penelitian ini adalah seluruh Kelas X SMA Negeri 1 Karang Bahagia. Sampel yang digunakan yaitu Kelas X.A. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Variabel penelitian dibatasi pada kemampuan kolaboratif. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi, keterampilan observasi berdasarkan indikator kerjasama, tanggung jawab, komunikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kemampuan Kolaboratif Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament di Kelas X pada Mata Pelajaran Biologi berada dalam kategori Tinggi.