Abstract:
Dewi Febriani, 3402200001. “Efektivitas Platform E-commerce dalam
meningkatkan Market Share UMKM (Suatu Studi pada Pelaku UMKM Juara
di Kota Banjar)”. Dibawah bimbingan Dr. Nurdiana Mulyatini, S.E.,M.M. dan
Roni Marsiana Suhendi, SE., MM.
Pertumbuhan internet di Indonesia telah mengubah kebiasaan konsumen dan
berdampak signifikan pada berbagai aspek, termasuk ekonomi. Fenomena ini
terbukti dengan munculnya platform jual beli online atau e-commerce yang
memudahkan belanja.
E-commerce telah menjadi pilihan utama bagi konsumen untuk berbelanja dengan
praktis dan efisien, serta memberikan peluang besar bagi pelaku usaha untuk
memperluas jangkauan pasar mereka.
Penelitian ini difokuskan pada Efektivitas Platform E-commerce dalam
meningkatkan Market Share UMKM (Suatu Studi pada Pelaku UMKM Juara di
Kota Banjar).
Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi: 1]. Bagaimana platform
e-commerce di terapkan pada pelaku UMKM Juara di kota Banjar?; 2]. Bagaimana
market share yang diterapkan oleh pelaku UMKM Juara di Kota Banjar?; 3].
Bagaimana efektivitas platform e-commerce dalam meningkatkan market share
pada pelaku UMKM Juara di Kota Banjar?. Adapun tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui dan manganalisis 1]. Platform e-commerce yang diterapkan pada
pelaku UMKM Juara di kota Banjar; 2]. Market share yang diterapkan oleh pelaku
UMKM Juara di Kota Banjar; 3]. Efektivitas platform e-commerce dalam
meningkatkan market share pada pelaku UMKM Juara di Kota Banjar.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan
teknik depth interview. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh,
digunakan Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data, Kesimpulan.
Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa1]. Penerapan
platform e-commerce pada pelaku UMKM Juara di Kota Banjar di kategorikan
cukup baik; 2]. Penerapan Market Share pada pelaku UMKM Juara di Kota Banjar
di kategorikan cukup baik; 3]. Platform e-commerce efektif dalam meningkatkan
market share UMKM Juara di Kota Banjar.
Diharapkan pelaku UMKM Juara di Kota Banjar terus meningkatkan kualitas
produk dan layanan yang mereka tawarkan, serta memanfaatkan media sosial dan
platform e-commerce secara efektif untuk memperluas pangsa pasar dan
meningkatkan visibilitas bisnis mereka.
Kata kunci: E-commerce dan Market Share