Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
content marketing dan advertising terhadap minat beli konsumen pada VSC Roastery.
Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode survey dengan pendekatan
kuantitatif dan dijelaskan secara deskriptif. Variabel pada penelitian ini ada tiga yaitu
content marketing (X1), advertising (X2) dan minat beli (Y). Populasi dalam
penelitian ini adalah konsumen VSC Roastery yang terlihat dari jumlah penjualan
pada bulan agustus-desember 2023. Teknik sampling berupa purposive sampling, dan
jumlah sampelnya sebanyak 99 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini
dilakukan melalui penyebaran kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah
analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa content
marketing dan advertising secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap
minat beli. Content marketing dan advertising memberikan pengaruh sebesar 28,1%
terhadap minat beli konsumen, sedangkan sisanya sebesar 71,9% disebabkan oleh
variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian ini,
sebaiknya VSC Roastery membuat content marketing dengan bahasa yang mudah
dimengerti konsumen serta menggunakan metode iklan berbayar untuk memperluas
jangkauan promosi agar minat beli konsumen semakin kuat.