Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum optimalnya keputusan pembelian
konsumen terhadap produk Le Mineral pada Toserba Gunasalma Kawali yang
diakibatkan oleh belum optimalnya pelaksanaan green product dan green
marketing yang dilakukan oleh pihak perusahaan. Adapun rumusan masalah
dalam penelitian ini yaitu: 1)Bagaimana pengaruh green product terhadap
keputusan pembelian produk Le Minerale pada Toserba Gunasalma Kawali?; 2)
Bagaimana pengaruh green marketing terhadap keputusan pembelian produk Le
Minerale pada Toserba Gunasalma Kawali?; 3) Bagaimana pengaruh green
product dan green marketing terhadap keputusan pembelian produk Le Minerale
pada Toserba Gunasalma Kawali?. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk
mengetahui: 1) Pengaruh green product terhadap keputusan pembelian produk Le
Minerale pada Toserba Gunasalma Kawali; 2) Pengaruh green marketing terhadap
keputusan pembelian produk Le Minerale pada Toserba Gunasalma Kawali; 3)
Pengaruh green product dan green marketing terhadap keputusan pembelian
produk Le Minerale pada Toserba Gunasalma Kawali. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode penelitian survey dengan pendekatan data
kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah rata-rata konsumen yang membeli
produk Le Minerale pada Toserba Gunasalma Kawali selama periode bulan
Desember 2022 – Mei 2023 yaitu sebanyak 1.669 orang, sampel yang dipilih
adalah sebanyak 94 orang. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan
melalui beberapa teknik yaitu studi kepustakaan, studi lapangan dan penyebaran
angket. Adapun hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1)Green product
memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian
produk Le Minerale di Toserba Gunasalma Kawali. Artinya semakin baik green
product maka keputusan pembelian konsumen akan semakin meningkat; 20
Green marketing memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap
keputusan pembelian pada Produk Le Minerale di Toserba Gunasalma Kawali.
Artinya semakin baik green marketing maka keputusan pembelian konsumen akan
meningkat; 30 Green product dan green marketing memiliki pengaruh yang
positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Produk Le Minerale di
Toserba Gunasalma Kawali. Artinya semakin baik green product dan green
marketing maka keputusan pembelian konsumen akan meningkat.