Unigal Repository

PENGARUH DIFERENSIASI DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Suatu Studi pada Konsumen Eiger Adventure Store Ciamis)

Show simple item record

dc.contributor.author Juliana, Rian
dc.contributor.author Kusniawati, Aini
dc.contributor.author Prabowo, FHE
dc.date.accessioned 2023-12-06T08:30:11Z
dc.date.available 2023-12-06T08:30:11Z
dc.date.issued 2023-08-29
dc.identifier.issn 3402190180
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/3833
dc.description.abstract Konsumen yang merasa puas kemungkinan besar cenderung akan menceritakan kebaikan tentang produk yang dibelinya kepada orang lain, serta konsumen yang puas tidak akan mengeluh (complaining) kepada perusahaan. Namun demikian berdasarkan hasil observasi awal permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini beberapa konsumen beberapa faktor hambatan yang mempengaruhi kepuasan konsumen pada Eiger Adventure Store Ciamis dimana terdapat banyaknya pesaing Eiger sehingga mengakibatkan banyak pilihan untuk berbelanja bagi konsumen. Kemudian jumlah pembelian oleh pengunjung konsumen Eiger Adventure Store Ciamis cenderung menurun. Hal tersebut diduga karena kurang optimalnya kepuasan konsumen Eiger Adventure Store Ciamis. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi: bagaimana pengaruh diferensiasi terhadap kepuasan konsumen pada Eiger Adventure Store Ciamis; bagaimana pengaruh inovasi produk terhadap kepuasan konsumen pada Eiger Adventure Store Ciamis; bagaimana pengaruh pengaruh diferensiasi dan inovasi produk terhadap kepuasan konsumen pada Eiger Adventure Store Ciamis. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengaruh diferensiasi dan inovasi produk terhadap kepuasan konsumen pada Eiger Adventure Store Ciamis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode metode survey dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan Analisis Regresi Linier Berganda, Analisis Koefisien Korelasi Sederhana, Analisis Koefisien Determinasi, dan Uji Hipotesis menggunakan Uji t dan Uji F. Dengan uji statistik regresi linier berganda memperoleh hasil Y = ,503 + 0,252 X 1 + 0,230 X 2. Kemudian untuk analisis koefisien korelasi berganda diperoleh angka sebesar 0,628 dimana berdasarkan pedoman interpretasi koefisien korelasi hubungan deferensiasi dan inovasi secara simultan (bersama-sama) terhadap variabel kepuasan konsumen dinyatakan memiliki hubungan yang kuat. Berdasarkan hasil koefisien determinasi diperoleh angka sebesar sebesar 39,44%, sedangkan sisanya 60,56% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti misalnya hargam, kualitas pelayanan, dan presepsi nilai dll. Kemudian yang terakhir berdasarkan uji F menunjukkan F hitung 31,258 > F tabel 3,12 maka hipotesis diterima, artinya terdapat pengaruh deferensiasi dan inovasi terhadap kepuasan konsumen. Diharapkan Eiger melakukan survei reguler kepada pelanggan untuk mengumpulkan umpan balik tentang pengalaman mereka dengan produk atau layanan Eiger yang mencakup kinerja aktual produk, tingkat kepuasan, masalah yang mungkin terjadi, dan saran perbaikan. en_US
dc.description.sponsorship Aini Kusniawati, Faizal Haris Eko Prabowo en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis en_US
dc.subject Deferensiasi, Inovasi, dan Kepuasan Konsumen en_US
dc.title PENGARUH DIFERENSIASI DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Suatu Studi pada Konsumen Eiger Adventure Store Ciamis) en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account