Abstract:
Konsumen yang merasa puas kemungkinan besar cenderung akan menceritakan
kebaikan tentang produk yang dibelinya kepada orang lain, serta konsumen yang
puas tidak akan mengeluh (complaining) kepada perusahaan. Namun demikian
berdasarkan hasil observasi awal permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini
beberapa konsumen beberapa faktor hambatan yang mempengaruhi kepuasan
konsumen pada Eiger Adventure Store Ciamis dimana terdapat banyaknya
pesaing Eiger sehingga mengakibatkan banyak pilihan untuk berbelanja bagi
konsumen. Kemudian jumlah pembelian oleh pengunjung konsumen Eiger
Adventure Store Ciamis cenderung menurun. Hal tersebut diduga karena kurang
optimalnya kepuasan konsumen Eiger Adventure Store Ciamis. Adapun rumusan
masalah dalam penelitian ini meliputi: bagaimana pengaruh diferensiasi terhadap
kepuasan konsumen pada Eiger Adventure Store Ciamis; bagaimana pengaruh
inovasi produk terhadap kepuasan konsumen pada Eiger Adventure Store Ciamis;
bagaimana pengaruh pengaruh diferensiasi dan inovasi produk terhadap kepuasan
konsumen pada Eiger Adventure Store Ciamis. Adapun tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui pengaruh pengaruh diferensiasi dan inovasi produk
terhadap kepuasan konsumen pada Eiger Adventure Store Ciamis. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode metode survey dengan pendekatan
kuantitatif deskriptif. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh
digunakan Analisis Regresi Linier Berganda, Analisis Koefisien Korelasi
Sederhana, Analisis Koefisien Determinasi, dan Uji Hipotesis menggunakan Uji t
dan Uji F. Dengan uji statistik regresi linier berganda memperoleh hasil Y = ,503
+ 0,252 X 1 + 0,230 X 2. Kemudian untuk analisis koefisien korelasi berganda
diperoleh angka sebesar 0,628 dimana berdasarkan pedoman interpretasi koefisien
korelasi hubungan deferensiasi dan inovasi secara simultan (bersama-sama)
terhadap variabel kepuasan konsumen dinyatakan memiliki hubungan yang kuat.
Berdasarkan hasil koefisien determinasi diperoleh angka sebesar sebesar 39,44%,
sedangkan sisanya 60,56% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti misalnya
hargam, kualitas pelayanan, dan presepsi nilai dll. Kemudian yang terakhir
berdasarkan uji F menunjukkan F hitung 31,258 > F tabel 3,12 maka hipotesis diterima,
artinya terdapat pengaruh deferensiasi dan inovasi terhadap kepuasan konsumen.
Diharapkan Eiger melakukan survei reguler kepada pelanggan untuk
mengumpulkan umpan balik tentang pengalaman mereka dengan produk atau
layanan Eiger yang mencakup kinerja aktual produk, tingkat kepuasan, masalah
yang mungkin terjadi, dan saran perbaikan.