Abstract:
Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Volume
Penjualan (Studi Kasus Pada PT. Mayora Indah Tbk Periode Tahun 2017-2021)
Permasalahan yang dihadapi pada prnrlitian ini meliputi : 1]. Bagaimana
perkembangan biaya promosi pada PT Mayora Indah Tbk?; 2]. Bagaimana
perkembangan volume penjualan pada PT Mayora Indah Tbk?; 3]. Seberapa
besar pengaruh biaya promosi terhadap volume penjualan pada PT Mayora Indah
Tbk.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis : 1].
Besarnya perkembangan biaya promosi pada PT Mayora Indah Tbk. ; 2].
Besarnya perkembangan volume pejualan pada PT Mayora Indah Tbk. ; 3].
Besarnya Pengaruh biaya promosi terhadap volume penjualan pada PT Mayora
Indah Tbk.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan
pendekatan kuantitatif. Untuk Teknik pengumpulan data menggunakan studi
kepustakaan dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data menggunakan uji
koefisien sederhana, uji koefisien determinan, uji t, analisis regresi linear
sederhana, dan uji F.
Hasil penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa : 1] Perkembangan biaya
promosi pada PT Mayora Indah Tbk kurang optimal. Hal ini dikarenakan dalam
kurun waktu lima tahun, jumlah biaya promosi pada PT Mayora Indah Tbk
mengalami fluktuasi yaitu pada tahun 2017 sampai dengan tahun 2021. Adapun
besaran jumlah biaya promosi pada PT Mayora Indah Tbk dari tahun 2017 sampai
dengan 2021 yaitu sebesar Rp 15.763.529.091.342 dengan rata-rata Rp
3.152.705.818.268,40 setiap tahunnya. Sedangkan rata-rata perkembangan setiap
tahunnya sebesar 28,21%. ; 2] Perkembangan volume penjualan pada PT Mayora
Indah Tbk belum optimal. Hal ini dikarenakan pencapaian volume penjualan pada
PT Mayora Indah Tbk yang tidak selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya,
melainkan melainkan mengalami fluktuasi atau naik turun dari tahun 2017 sampai
dengan tahun 2021. Adapun besarnya jumlah volume penjualan pada PT Mayora
Indah Tbk dari tahun 2017 sampai dengan tahun 2021 yaitu sebesar Rp
122.285.727.879.579 dengan rata-rata Rp 24.457.145.575.915,80 setiap tahunnya.
Sedangkan rata-rata perkembangan setiap tahunnya sebesar 7,85%. ; 3] Biaya
promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan pada PT Mayora
Indah Tbk periode tahun 2017 sampai dengan tahun 2021. Hal ini menunjukan
kenaikan baya promosi tidak memberikan pengaruh nyata terhadap volume
penjualan.