Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh word of mouth
terhadap keputusan pembelian Lebih dari Coffee Ciamis, (2) Pengaruh brand
awareness terhadap keputusan pembelian Lebih dari Coffee Ciamis, (3) Pengaruh
word of mouth dan brand awareness terhadap keputusan pembelian Lebih dari
Coffee Ciamis.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei.
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Lebih dari Coffee Ciamis. Teknik
pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel
sebanyak 125 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang
telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan regresi linier
berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan
signifikan word of mouth terhadap keputusan pembelian pada Lebih dari Coffee
Ciamis, dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 5,227; nilai signifikansi 0,000<0,05;
dan koefisien regresi sebesar 0,622; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan
brand awareness terhadap keputusan pembelian pada Lebih dari Coffee Ciamis,
dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 6,270 dengan nilai signifikansi sebesar
0,000<0,005; dan koefisien regresi sebesar 0,462; dan (3) terdapat pengaruh
secara bersama-sama word of mouth dan brand awareness terhadap keputusan
pembelian pada Lebih dari Coffee Ciamis, dibuktikan dengan nilai F hitung
sebesar 50,029 dengan signifikansi 0,000<0,05. (4) Besarnya pengaruh word of
mouth dan brand awareness terhadap keputusan pembelian (adjusted R 2 ) adalah
sebesar 44,2%. Persamaan regresi linier berganda dalam penelitian ini
dirumuskan dengan:
Y = 4,119 + 0,622 X 1 + 0,462 X 2 + e