Abstract:
Di era saat ini, dunia perbankan sudah menjadi kebutuhan umum bagi masyarakat.
Karena banyaknya manfaat yang diperoleh oleh masyarakat dari pengunaan
produk-produk perbankan, seperti tabungan, deposito, reksa dana dan lain-lain.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana sistem antrian yang
diterapkan pada PT. Bank Mandiri (Persero), Tbk. Cabang Ciamis. 2) Bagaimana
pelayanan Teller pada PT. Bank Mandiri (Persero), Tbk. Cabang Ciamis. 3)
Bagaimana analisis sistem antrian dalam rangka optimalisasi pelayanan teller di
PT. Bank Mandiri (Persero), Tbk. Cabang Ciamis.. Tujuan penelitian memberikan
informasi mengenai apa yang akan diperoleh setelah selesai penelitian. Oleh
karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengentahui 1) Pelaksanaan sistem
antrian yang diterapkan oleh PT. Bank Mandiri (Persero), Tbk. Cabang Ciamis. 2)
Pelayanan teller di PT. Bank Mandiri (Persero), Tbk. Cabang Ciamis 3) Analisis
sistem antrian dalam optimalisasi pelayanan teller di PT. Bank Mandiri (Persero),
Tbk. Cabang Ciamis. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan
penelitian kuantitatif, karena hasil akhirnya adalah menganalisis angka dari ahsil
perhitungan sistem antrian. Metode yang digunakan adalah menggunakan
pendekatan lapangan atau observasi. Adapun hasil penelitian yang didapat
menyatakan bahwa: Pelaksanaan Sistem Antrian Yang Diterapkan Oleh PT. Bank
Mandiri (Persero), Tbk. Cabang Ciamis sudah berjalan dengan baik sesuai standar
pelayanan perbankan. Pelayanan teller di PT. Bank Mandiri (Persero), Tbk.
Cabang Ciamis sudah optimal, walaupun ada beberapa komponen yang harus
dievaluasi fungsinya agar lebih optimal dalam melayani. Tingkat pelayanan
nasabah bank PT. Bank Mandiri (Persero), Tbk. Cabang Ciamis dikatakan
optimal. Dengan tingkat intensitas pelayanan pada hari kamis 14 agustus 2023
yaitu < 1 dan pada hari jum’at 15 agustus 2023.