Unigal Repository

Pengaruh Corporate Image dan Complaint Handling Terhadap Loyalitas Pelanggan (Suatu Studi pada Pelanggan Al-Amin Ciamis)

Show simple item record

dc.contributor.author Anggraeni, Fuzi
dc.contributor.author Saryono, Oyon
dc.contributor.author Prabowo, FHE
dc.date.accessioned 2023-11-06T07:27:29Z
dc.date.available 2023-11-06T07:27:29Z
dc.date.issued 2023-09-07
dc.identifier.issn 3402190266
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/3667
dc.description.abstract Perusahaan Al-Amin skincare merupakan klinik kecantikan yang mengalami persaingan yang sangat kuat. Timbulnya persaingan yang kuat menyebabkan setiap perusahaan saling berlomba-lomba untuk dapat menghadapi persaingan dengan perusahaan-perusahaan lainnya. Meningkatnya kebutuhan konsumen mengenai produk skincare membuat perusahaan saling meningkatkan kualitas produk dan pelayanannya untuk tetap bisa memenuhi kebutuhan konsumen. Pada saat ini perusahaan-perusahaan lebih mengutamakan kualitas produk dan pelayanan, dengan kualitas produk dan pelayanan yang baik pelanggan akan merasa puas setelah melakukan pembelian produk sehingga pelanggan akan melakukan pembelian ulang produk. Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh Corporate Image dan Complaint Handling terhadap Loyalitas Pelanggan pada perusahaan Al-Amin skincare Ciamis. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh corporate image dan complaint handling terhadap loyalitas pelanggan pada Al-Amin skincare Ciamis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 1.666 dan sampel pada penelitian ini diambil sebanyak 94 orang. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu analisis koefisien korelasi sederhana, koefisien determinasi, uji t, analisis regresi linier berganda, analisis koefisien korelasi berganda, uji F. Dari hasil penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa Corporate Image dan Complaint Handling berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan 10,9% dan sisanya 89,1% di pengaruhi oleh faktor lain. Dalam upaya meningkatkan loyalitas pelanggan pada Al-Amin skincare Ciamis sebaiknya meningkatkan lagi kinerja perusahaannya sehingga bisa menjadi perusahaan yang mampu bersaing dengan perusahaan lain yang bergerak di bidang kecantikan bersaing dari segi pelayanan, harga produk, kualitas produk, kecepatan dalam penanganan sehingga pelanggan akan setia atau loyal pada perusahaan tersebut. en_US
dc.description.sponsorship Oyon Saryono, Faizal Haris Eko Prabowo en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis en_US
dc.subject Corporate Image, Complaint Handling, Loyalitas Pelanggan en_US
dc.title Pengaruh Corporate Image dan Complaint Handling Terhadap Loyalitas Pelanggan (Suatu Studi pada Pelanggan Al-Amin Ciamis) en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account