Abstract:
Perusahaan Al-Amin skincare merupakan klinik kecantikan yang mengalami
persaingan yang sangat kuat. Timbulnya persaingan yang kuat menyebabkan
setiap perusahaan saling berlomba-lomba untuk dapat menghadapi persaingan
dengan perusahaan-perusahaan lainnya. Meningkatnya kebutuhan konsumen
mengenai produk skincare membuat perusahaan saling meningkatkan kualitas
produk dan pelayanannya untuk tetap bisa memenuhi kebutuhan konsumen. Pada
saat ini perusahaan-perusahaan lebih mengutamakan kualitas produk dan
pelayanan, dengan kualitas produk dan pelayanan yang baik pelanggan akan
merasa puas setelah melakukan pembelian produk sehingga pelanggan akan
melakukan pembelian ulang produk. Permasalahan yang dihadapi dalam
penelitian ini adalah bagaimana pengaruh Corporate Image dan Complaint
Handling terhadap Loyalitas Pelanggan pada perusahaan Al-Amin skincare
Ciamis. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis
pengaruh corporate image dan complaint handling terhadap loyalitas pelanggan
pada Al-Amin skincare Ciamis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian
ini sebanyak 1.666 dan sampel pada penelitian ini diambil sebanyak 94 orang.
Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu analisis koefisien korelasi
sederhana, koefisien determinasi, uji t, analisis regresi linier berganda, analisis
koefisien korelasi berganda, uji F. Dari hasil penelitian dan pengolahan data
menunjukkan bahwa Corporate Image dan Complaint Handling berpengaruh
positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan 10,9% dan sisanya 89,1% di
pengaruhi oleh faktor lain. Dalam upaya meningkatkan loyalitas pelanggan pada
Al-Amin skincare Ciamis sebaiknya meningkatkan lagi kinerja perusahaannya
sehingga bisa menjadi perusahaan yang mampu bersaing dengan perusahaan lain
yang bergerak di bidang kecantikan bersaing dari segi pelayanan, harga produk,
kualitas produk, kecepatan dalam penanganan sehingga pelanggan akan setia atau
loyal pada perusahaan tersebut.