Abstract:
Nurul Handayani, NIM: 3402190219 Program Strata 1 (S1 Program Studi
Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Kabupaten Ciamis
“Pengaruh Brand Image dan Life Style Terhadap Brand Loyalty (Suatu Studi
Pada Konsumen Brand Zoya di Toko Zoya Ciamis)”. Dibawah bimbingan
Bapak Dr. H. Oyon Saryono, M.M. (Pembimbing I) dan Bapak Faisal Haris
Eko Prabowo, S.E., M.M. (Pembimbing II).
Adanya persaingan bisnis yang semakin meningkat menjadi peluang bagi
beberapa pengusaha untuk terus berinovasi di semua pasar industri Indonesia,
termasuk industri garment. Salah satu produk hasil industri garment yang
mengalami peningkatan saat ini adalah hijab dan busana muslim. Hal ini tentunya
mendorong suasana persaingan industri yang ditandai dengan banyaknya produk
sejenis dengan merek yang berbeda. Persaingan tersebut dialami oleh berbagai
industri garment salah satunya pada Toko Zoya Ciamis. Pada objek penelitian ini
terdapat penurunan yang signifikan terhadap loyalitas pada konsumen brand Zoya
Ciamis. Tentunya ada beberapa faktor yang membuat konsumen tidak memilih
produk brand Zoya. Salah satu faktornya yaitu semakin maraknya brand-brand
lain yang harganya lebih terjangkau. Terlebih dengan banyaknya penjualan
melalui media online yang menawarkan berbagai produk baru dengan berbagai
pilihan yang menarik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh brand image terhadap brand loyalty pada konsumen brand Zoya di toko
Zoya Ciamis, untuk mengetahui pengaruh life style terhadap brand loyalty pada
konsumen brand Zoya di toko Zoya Ciamis dan untuk mengetahui pengaruh
brand image dan life style terhadap brand loyalty pada konsumen brand Zoya di
toko Zoya Ciamis. Adapun metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini
adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian
ini seluruh konsumen toko Zoya Ciamis yang melakukan transaksi atau
pembelian. Teknik penentuan sample menggunakan simple ramdom sampling,
data diperoleh dengan membagikan kuesioner kepada 79 responden. Teknik
analisis data menggunakan analisis koefisien korelasi sederhana, koefisien
korelasi berganda, koefisien determinasi, regresi linier berganda uji t serta uji f.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Brand image berpengaruh positif dan
signifikan terhadap brand loyalty pada Toko Zoya Ciamis. Life style berpengaruh
positif dan signifikan terhadap brand loyalty pada Toko Zoya Ciamis. Secara
simultan, brand image dan life style berpengaruh positif dan signifikan terhadap
brand loyalty pada Toko Zoya Ciamis.