Unigal Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS TPACK (TECHNOLOGICAL, PEDAGOGICAL, CONTENT, KNOWLEDGE) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) SISWA

Show simple item record

dc.contributor.author Kustiawan, Awang
dc.date.accessioned 2023-09-01T03:56:56Z
dc.date.available 2023-09-01T03:56:56Z
dc.date.issued 2023-02-01
dc.identifier.issn 2722-6069
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/3534
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) pada siswa yang masih rendah. Higher Order Thinking Skills (HOTS) merupakan bagian dari tuntutan kurikulum 2013. Model Discovery Learning berbasis TPACK merupakan salah satu model yang sesuai dengan penerapan kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model discovery learning berbasis TPACK (Technological, Pedagogical, Content, Knowledge) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Sariwangi pada sub materi sistem pernapasan manusia. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 2 yang berjumlah 30 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Desain penelitian menggunakan one group pretestposttest design. Instrumen penelitian berupa soal tes kemampuan berpikir tingkat tinggi yang meliputi analisis, evaluasi dan mencipta dalam bentuk uraian/essay. Data hasil penelitian dianalisis secara statistik menggunakan uji N-Gain, uji normalitas dan uji hipotesis dengan menggunakan uji Z. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dinilai tinggi dengan rata-rata 0,82, data berdistribusi normal dan hipotesis diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang sangat signifikan penerapan model discovery learning berbasis TPACK TPACK (Technological, Pedagogical, Content, Knowledge) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa pada sub materi system pernapasan manusia en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) en_US
dc.relation.ispartofseries Vol 4;No 1
dc.subject Higher Order Thinking Skills (HOTS), Model Discovery Learning, TPACK en_US
dc.title PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS TPACK (TECHNOLOGICAL, PEDAGOGICAL, CONTENT, KNOWLEDGE) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) SISWA en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account