Abstract:
Ayu Anisa. 3402190067. Pengaruh Pemasaran Digital dan Electronic Word of
Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Suatu Studi pada Konsumen
Scarlet Whitening di K-Shop Ciamis). Di bawah bimbingan Bapak Dr. Nana
Darna,S.E., M.M. (Pembimbing I) dan Bapak Enjang Nursolih, S.H., M.M.
(Pembimbing II).
Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum optimalnya keputusa pembelian keputusan
pembelian konsumen terhadap produk Scarlet Whitening pada K-Shop Ciamis yang
diakibatkan oleh belum optimalnya pelaksanaan pemasaran digital dan electronic
word of mouth. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana
pengaruh pemasaran digital terhadap keputusan pembelian pada Konsumen Scarlet
Whitening di K-Shop Ciamis?; 2) Bagaimana pengaruh electronic word of mouth
terhadap keputusan pembelian pada Konsumen Scarlet Whitening di K-Shop
Ciamis?; Bagaimana pengaruh pemasaran digital dan electronic word of mouth
terhadap keputusan pembelian pada Konsumen Scarlet Whitening di K-Shop
Ciamis?. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis: 1)
Pengaruh pemasaran digital terhadap keputusan pembelian pada Konsumen Scarlet
Whitening di K-Shop Ciamis; 2) Pengaruh electronic word of mouth terhadap
keputusan pembelian pada Konsumen Scarlet Whitening di K-Shop Ciamis; 3)
Pengaruh pemasaran digital dan electronic word of mouth terhadap keputusan
pembelian pada Konsumen Scarlet Whitening di K-Shop Ciamis. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survey dengan pendekatan
data kuantitatif. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen
Scarlet Whitening di K-Shop Ciamis pada bulan September 2022 sampai dengan
bulan Februari 2023 yaitu sebanyak 1.524 orang, sampel yang dipilih adalah
sebanyak 94 orang. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan melalui
beberapa teknik yaitu studi kepustakaan, studi lapangan dan penyebaran angket.
Adapun hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh positif dan
signifikan pemasaran digital terhadap keputusan pembelian konsumen pada Scarlet
Whitening di K-Shop Ciamis. Dengan hasil uji korelasi yang menunjukkan cukup
kuat. Artinya jika pelaksanaan pemasaran digital semakin baik maka keputusan
pembelian akan meningkat; 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan electronic
word of mouth terhadap keputusan pembelian konsumen pada Scarlet Whitening di
K-Shop Ciamis. Dengan hasil uji korelasi yang menunjukkan cukup kuat. Artinya
jika pelaksanaan electronic word of mouth semakin efektif maka keputusan
pembelian akan meningkat; 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan pemasaran
digital dan electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian konsumen pada
Scarlet Whitening di K-Shop Ciamis. Dengan hasil uji korelasi yang menunjukkan
tingkat hubungan yang kuat. Artinya jika pelaksanaan pemasaran digital semakin
baik dan electronic word of mouth semakin efektif maka keputusan pembelian akan
meningkat.