Abstract:
Adelia Septhia Putri, NIM. 3402190597. “Pengaruh Shopping Lifestyle dan
Positive Emotion Terhadap Impulse buying (Studi Kasus pada Konsumen
Pengguna Marketplace Tokopedia Di Kecamatan Padaherang)” Di bawah
bimbingan Dr. Nurdiana Mulyatini, S.E., M.M. (Pembimbing I) dan Hj. Iyus
Yustini, S.Pd., M.M. (Pembimbing II)
Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Shopping Lifestyle dan Positive Emotion
terhadap Impulse Buying. Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini
meliputi: 1) Bagaimana pengaruh shopping lifestyle dan positive emotion terhadap
impulse buying?; 2) Bagaimana pengaruh positive emotion terhadap impulse
buying?; 3) Bagaimana pengaruh shopping lifestyle dan positive emotion terhadap
impulse buying; Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: 1)
pengaruh shopping lifestyle terhadap impulse buying 2) pengaruh positive emotion
terhadap impulse buying 3) pengaruh shopping lifestyle dan positive emotion
terhadap impulse buying.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey deskriptif dengan
pendekatan kauntitatif. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear
sederhana, analisis koefisien korelasi sederhana, analisis koefisien determinasi, uji
parsial (uji t), analisis regresi linear berganda, analisis koefisien korelasi
berganda, analisis koefisien determinasi, dan uji signifikan simultan (uji f). Dari
hasil penelitian, berdasarkan hasil analisis koefisien korelasi, menunjukan bahwa
shopping lifestyle berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying
sebesar 0,827 dengan tingkat interpretasi koefisien korelasi sangat kuat. Dengan
besarnya pengaruh 68,40% dan sisanya 31,6% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil
penelitian juga menunjukan positive emotion berpengaruh positif dan signifikan
terhadap impulse buying sebesar 0,864 dengan tingkat interpretasi koefisien
korelasi sangat kuat. Dengan besarnya pengaruh 74,65% dan sisanya 25,35%
dipengaruhi faktor lain. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa berdasarkan
koefisien korelasi berganda didapat nilai 0,898. Dengan besarnya pengaruh 80,6%
dan 19,4% dipengaruhi faktor lain.