Abstract:
Abi Prana Dirstya, 3402190572. “Pengaruh Daya Beli dan Kelengkapan
Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Suatu Studi Pada Konsumen X-sha
Supermart Singaparna Plaza)”. Dibawah Bimbingan Mochamad Aziz
Basari, S.sos., M.M (Pembimbing I) dan Risna Kartika, S.E., M.M
(Pembimbing II).
Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Daya Beli dan Kelengkapan Produk
Terhadap Kepeutusan Pembelian (Suatu Studi Pada Konsumen X-sha Supermart
Singaparna Plaza) Permasalahan dalam penelitian ini meliputi : 1] Bagaimana
Pengaruh Daya Beli terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen X-sha
Supermart Singaparna Plaza?; 2] Bagaimana Pengaruh Kelengkapan Produk
terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen X-sha Supermart Singaparna
Plaza?; 3] Bagaimana Pengaruh Daya Beli dan Kelengkapan Produk Terhadap
Keputusan Pembelian Pada Konsumen X-sha Supermart?; Adapun tujuan
penelitian ini untuk mengetahui: 1] Pengaruh Daya Beli terhadap Keputusan
Pembelian Pada konsumen X-sha Supermart Singaparna Plaza; 2] Pengaruh
Kelengkapan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen X-sha
Supermart Singaparna Plaza; 3] Pengaruh Daya Beli dan Kelengkapan Produk
Terhadap Keputusan Pembelian pada konsumen X-sha Supermart Singaparna
Plaza. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
deskriftif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh konsumen X-sha Supermart pada tahun 2022 dengan rata-rata 11.850
konsumen dan sampelnya adalah sebanyak 99 orang konsumen. Teknik analisis
data yang digunakan adalah analisis koefesien korelasi sederhana, analisis
koefesien korelasi berganda, analisis koefesien determinasi, Uji t dan Uji F. Hasil
penelitian menunjukan bahwa; 1] Daya beli berpengaruh terhadap keputusan
pembelian, dengan demikian hipotesis diterima dan teruji kebenarannya. 2]
Kelengkapan Produk berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian, dengan
demikian hipotesis diterima dan teruji kebenarannya. 3] Daya Beli dan
Kelengkapan Produk berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian, dengan
demikian hipotesis diterima dan teruji kebenarannya. Dengan ini diharapkan pada
X-sha Supermart agar lebih memperhatikan faktor daya beli dan kelengkapan
produk agar keputusan pembelin di X-sha Supermart semakin meningkat dan
sesuai yang diharapakan perusahaan.