Abstract:
Astri Lestari Lismawati. NIM 3402190282. Pengaruh Hedonic ShopingValue
Dan Utilitarian Shopping Value Terhadap Impulsive Buying Merchandise K-
Pop Secara Online (Suatu Studi pada Penggemar NCT Se-Kecamatan
Kawali). Dibawah Bimbingan Dr. Hj. Aini Kusniawati, M.M. (Pembimbing
I) dan Faizal Haris Eko Prabowo, S.E., M.M. (Pembimbing II).
Maraknya popularitas grup K-Pop NCT di Indonesia menyebabkan konsumen
(penggemar NCT) cenderung untuk melakukan pembelian yang tidak terencana
terhadap produk/merchandise official NCT. Namun hal ini tidak terjadi pada
konsumen penggemar NCT (NCTzen) di Kecamatan Kawali, hal tersebut
disebabkan karena kebanyakan penggemar (NCTzen) di Kecamatan Kawali
cenderung berpikir dua kali sebelum membeli produk/merchandise NCT. Selain
itu kurangnya pengetahuan konsumen (penggemar NCT) mengenai manfaat
produk dan karakteristik produk, serta tidak banyaknya penggemar NCT di
Kecamatan Kawali yang memiliki perilaku hedonis. Adapun tujuan penelitian ini
yaitu untuk mengetahui pengaruh hedonic shopping value terhadap impulsive
buying, untuk mengetahui pengaruh utilitarian shopping value terhadap impulsive
buying, dan untuk mengetahui pengaruh hedonic shopping value dan utilitarian
shopping value terhadap impulsive buying. Metode penelitian yang digunakan
pada penelitian ini ialah metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi
pada penelitian ini adalah penggemar NCT di Kecamatan Kawali pada Grup
Order Sunny & Friends yang pernah atau bahkan sering melakukan transaksi atau
pembelian merchandise NCT. Teknik penentuan Sampel menggunakan simple
random sampling, data diperoleh dengan membagikan kuesioner kepada 64
responden. Teknik analisis data menggunakan analisis koefisien korelasi
sederhana, koefisien korelasi berganda, regresi linear berganda, koefisien
determinasi, uji t, serta uji f. Hasil penelitian ini menujukan bahwa: Hedonic
shopping value berpengaruh secara signifikan terhadap impulsive buying pada
penggemar NCT di Kecamatan Kawali. Utilitarian shopping value berpengaruh
secara signifikan terhadap impulsive buying pada penggemar NCT di Kecamatan
Kawali. Dan hedonic shopping value dan utilitarian shopping value berpengaruh
secara signifikan terhadap impulsive buying pada penggemar NCT di Kecamatan
Kawali, namun hedonic shopping value memiliki pengaruh signifikan paling
dominan terhadap impulsive buying.