Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan dan promosi yang dilakukan oleh hotel di Priangan Timur Jawa Barat terhadap tingkat penghunian kamar. Dari beberapa hal yang berkaitan dengan pemasaran pelayanan hotel menunjukkan bahwa pengaruh kualitas pelayanan di hotel akan mempengaruhi kepuasan tamu yang pada akhirnya akan meningkatkan loyalitas pelanggan dan meningkatkan tingkat penghunian kamar (TPK) hotel. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan verifikatif, untuk mengetahui gambaran dan hubungan antar variabel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan promosi mempengaruhi tingkat penghunian kamar hotel di Priangan Timur Jawa Barat. Pengaruhnya secara bersama-sama mencapai 75,23%, berarti masih ada faktor lain yang dapat mempengaruhi tingkat penghunian kamar hotel di Priangan Timur Jawa Barat, seperti: jenis pelayanan yang ditawarkan, tarif/harga, distribusi atau lokasi, dan sebagainya.