Abstract:
Penelitian ini difokuskan pada pengaruh digital marketing dan realitionship marketing terhadap kepuasan pelanggan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana pengaruh digital marketing terhadap Kepuasan Pelanggan coffee shop, Bagaimana pengaruh relationship marketing terhadap Kepuasan Pelanggan coffee shop, Bagaimana pengaruh digital marketing dan relationship marketing terhadap Kepuasan Pelanggan coffee shop. Metode yang dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif verifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Coffee di Coffee Shop Bubboo di daerah Banjar pada tahun 2021-2022 yang jumlahnya tidak diketahui, dengan sampel yang diambil adalah sebanyak 96 orang dengan menggunakan rumus Lemeshow. Teknik analisis data yaitu analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi, uji hipotesi, analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa digital marketing berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada Coffee Shop Bubboo Coffee di Kota Banjar dengan hasil uji korelasi sebesar 0,875 yang memiliki tingkat hubungan yang Baik, dengan tingkat pengaruh sebesar 76,56%, relationship marketing berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada Coffee Shop Bubboo Coffee di Kota Banjar dengan hasil uji korelasi sebesar 0,864 yang memiliki tingkat hubungan yang sangat Baik, dengan tingkat pengaruh sebesar 74,64% dan digital marketing dan realitionship marketing terhadap kepuasan pelanggan pada Coffee Shop Bubboo Coffee di Kota Banjar dengan hasil uji korelasi sebesar 0,898 yang memiliki tingkat hubungan yang sangat Baik, dengan tingkat pengaruh sebesar 80,64%