Abstract:
Penelitian ini difokuskan pada pengaruh word of mouth dan positioning terhadap
keputusan pembelian. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1)
Bagaimana pengaruh word of mouth terhadap keputusan pembelian pada
pelanggan Al Azhar furniture Kota Tasikmalaya, 2) Bagaimana pengaruh
positioning terhadap terhadap keputusan pembelian pada pelanggan Al Azhar
furniture Kota Tasikmalaya, 3) Bagaimana pengaruh word of mouth dan
positioning terhadap terhadap keputusan pembelian pada pelanggan Al Azhar
furniture Kota Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode deskriptif kuantitatif verifikatif. Populasi ini diambil dari jumlah
pelanggan yang datang di Tahun 2021 yaitu sebanyak 171 pelanggan, sampel
yang diambil dalam penelitian ini adalah sebanyak 74 orang dengan menggunakan
rumus slovin. Teknik analisis data yaitu analisis koefisien korelasi, analisis
koefisien determinasi, uji hipotesi, analisis regresi berganda. Dari hasil penelitian,
dapat ditarik suatu simpulan sebagai berikut: Word of mouth pada Al Azhar
Furniture Kota Tasikmalaya adalah baik serta termasuk pada kategori baik. Word
of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada
Al Azhar Furniture Kota Tasikmalaya. Artinya Word of mouth semakin baik,
maka keputusan pembelian akan meningkat dan skor yang paling rendah yaitu
pada indikator objektivitas, Positioning pada Al Azhar Furniture Kota
Tasikmalaya adalah baik serta termasuk pada kategori baik. Positioning
berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada Al Azhar
Furniture Kota Tasikmalaya. Artinya apabila Positioning semakin baik, maka
keputusan pembelian akan semakin meningkat dan skor yang paling rendah yaitu
pada indikator berkelanjutan, Keputusan pembelian pada Al Azhar Furniture Kota
Tasikmalaya sudah tinggi serta termasuk pada kategori tinggi. Word of mouth dan
Positioning berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian
pada Al Azhar Furniture Kota Tasikmalaya. Artinya apabila penerapan word of
mouth dan positioning optimal, maka keputusan pembelian akan semakin
meningkat.