Abstract:
Penelitian ini difokuskan pada pengaruh word of mouth dan atribut produk
pariwisata terhadap keputusan pengunjung pada Pengunjung Pantai Karapyak
Kabupaten Pangandaran. Permasalahan yang dihadapi meliputi: 1) Bagaimana
pengaruh word of mouth terhadap keputusan pengunjung Pantai Karapyak
Kabupaten Pangandaran.2) Bagaimana pengaruh atribut produk pariwisata
terhadap keputusan pengunjung Pantai Karapyak Kabupaten Pangandaran.3)
Bagaimana pengaruh word of mouth dan atribut produk pariwisata terhadap
keputusan pengunjung Pantai Karapyak Kabupaten Pangandaran. Metode
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis.
Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis
asosiatif/verifikatif (koefisien korelasi product moment, koefisien determinasi, uji
t, regresi linear saderhana, koefisien korelasi berganda, uji f dan regresi berganda).
Hasil penelitian menunjukan bahwa Word of mouth dan atribut produk pariwisata
berpengaruh terhadap keputusan pengunjung yang ditunjukan dari hasil analisis
asosiatif/verifikatif bahwa dari koefisien korelasi berganda, Word of mouth dan
atribut produk pariwisata memiliki hubungan yang kuat dengan keputusan
pengunjung. Sedangkan untuk hipotesis penelitian berpengaruh signifikan dan
teruji kebenarannya. Artinya apabila Word of mouth dan atribut produk
pariwisata sudah baik, maka keputusan pengunjung akan meningkat. Dengan
demikian hipotesis ketiga dapat diterima dan teruji kebenarannya. Diharapkan
Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dan Pengelola Pantai Karapyak Kabupaten
Pangandaran meningkatkan kualitas objek wisata Pantai Karapyak, meningkatkan
kebersihan lingkungan diwilayah objek wisata, menyediakan dan melengkapi
berbagai fasilitas dan lebih mempromosikan objek wisata melalui media
elektronik dan media sosial.