Unigal Repository

ANALISIS BERBAGAI STRATEGI DAN MODEL PEMBELAJARAN YANG DAPAT MEMBERDAYAKAN KEMAMPUAN METAKOGNITIF PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI

Show simple item record

dc.contributor.author Erlin, Euis
dc.contributor.author Rahmat, Adi
dc.contributor.author Redjeki, Sri
dc.contributor.author Purwianingsih, Widi
dc.date.accessioned 2023-04-30T11:13:49Z
dc.date.available 2023-04-30T11:13:49Z
dc.date.issued 2021-09
dc.identifier.issn 2597-7237
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/3007
dc.description.abstract Pada saat ini salah satu permasalahan yang ditemukan dalam dunia pendidikan adalah hasil belajar siswa yang masih rendah. Harapan para siswa untuk memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi masih belum terealisasi.Salah satu faktor penyebab masalah ini adalah tidak memiliki kemampuan untuk membuat pengaturan yang tepat dalam belajar. Hal ini tentu terkait dengan kemampuan metakognitif yang dimiliki siswa tersebut. , yaitu komponen pengaturan (regulation ) dalam metakognitif yang meliputi aspek perencanaan sebelum belajar (planning), pemantauan selama belajar (monitoring), dan melakukan evaluasi setelah belajar (evaluating) dalam setiap kegiatan belajar. Kajian ini bertujuan memberikan gambaran dari hasil-hasil penelitian tentang berbagai strategi atau model pembelajaran yang dapat memberdayakan kemampuan metakognitif pada bidang sains. Metode yang dilakukan yaitu analisis jurnal-jurnal Nasional dan Internasional tentang pembelajaran metakognitif. Berdasarkan hasil kajian menunjukkan bahwa beberapa jenis strategi dan model pembelajaran dapat memberdayakan kemampuan metakognitif, hanya pada beberapa jurnal tersebut tidak memberikan penjelasan yang spesifik tentang aspek-aspek sebagai instruksi yang melatih siswa untuk memiliki kemampuan metakognitif. Kontribusi kajian ini antara lain bagi para pendidik diharapkan lebih efektif dalam mengembangkan penelitian-penelitian yang terkait pembelajaran metakognitif , sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan metakognitif yang mengarah pada keberhasilan belajar siswa. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Bioed: Jurnal Pendidikan Biologi en_US
dc.relation.ispartofseries Vol 9;2
dc.subject Metakognitif, model pembelajaran, strategi pembelajaran en_US
dc.title ANALISIS BERBAGAI STRATEGI DAN MODEL PEMBELAJARAN YANG DAPAT MEMBERDAYAKAN KEMAMPUAN METAKOGNITIF PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account