Abstract:
Pada saat ini salah satu permasalahan yang ditemukan dalam dunia pendidikan adalah hasil belajar siswa
yang masih rendah. Harapan para siswa untuk memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi masih belum
terealisasi.Salah satu faktor penyebab masalah ini adalah tidak memiliki kemampuan untuk membuat
pengaturan yang tepat dalam belajar. Hal ini tentu terkait dengan kemampuan metakognitif yang dimiliki siswa
tersebut. , yaitu komponen pengaturan (regulation ) dalam metakognitif yang meliputi aspek perencanaan
sebelum belajar (planning), pemantauan selama belajar (monitoring), dan melakukan evaluasi setelah belajar
(evaluating) dalam setiap kegiatan belajar. Kajian ini bertujuan memberikan gambaran dari hasil-hasil
penelitian tentang berbagai strategi atau model pembelajaran yang dapat memberdayakan kemampuan
metakognitif pada bidang sains. Metode yang dilakukan yaitu analisis jurnal-jurnal Nasional dan Internasional
tentang pembelajaran metakognitif. Berdasarkan hasil kajian menunjukkan bahwa beberapa jenis strategi dan
model pembelajaran dapat memberdayakan kemampuan metakognitif, hanya pada beberapa jurnal tersebut
tidak memberikan penjelasan yang spesifik tentang aspek-aspek sebagai instruksi yang melatih siswa untuk
memiliki kemampuan metakognitif. Kontribusi kajian ini antara lain bagi para pendidik diharapkan lebih efektif
dalam mengembangkan penelitian-penelitian yang terkait pembelajaran metakognitif , sebagai upaya untuk
meningkatkan kemampuan metakognitif yang mengarah pada keberhasilan belajar siswa.