Abstract:
Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Event Sponsorship dan Celebrity Endorse terhadap Citra Merek (Studi pada Konsumen Gudang Cell 2019 Mengenai OPPO Smartphone).
Permasalahan yang dihadapi pada penelitian ini meliputi: 1). Bagaimana pengaruh event sponsorship terhadap citra merek di Gudang Cell Kota Tasikmalaya pada Produk OPPO series?; 2). Bagaimana pengaruh celebrity endorse terhadap citra merek di Gudang Cell Kota Tasikmalaya pada Produk OPPO series?; 3). Bagaimana pengaruh event sponsorship dan celebrity Endorse terhadap citra merek di Gudang Cell Kota Tasikmalaya pada Produk OPPO series? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1). Pengaruh event sponsorship terhadap citra merek di Gudang Cell Kota Tasikmalaya pada Produk OPPO series; 2). Pengaruh celebrity endorse terhadap citra merek di Gudang Cell Kota Tasikmalaya pada Produk OPPO series. 3). Pengaruh event sponsorship dan selebrity Endorse terhadap citra merek di Gudang Cell Kota Tasikmalaya pada Produk OPPO series.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dan korelasional dengan artian menggambarkan dan mengetahui hubungan satu arah variabel independen dengan dependen. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan Analisis Koefisien Korelasi Sederhana, Analisis Koefisien Korelasi Berganda, Analisis Regresi Linear Berganda, Analisis Koefisien Determinasi, dan Uji Hipotesis menggunakan Uji Signifikansi (Uji t dan Uji F).
Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa event sponsorship dan celebrity endorse berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek di Gudang Cell Tasikmalaya dengan besarnya pengaruh 49% dan sisanya 51% dipengaruhi faktor lain.
Diharapkan Gudang Cell Tasikmalaya mempertahankan dan memperhatikan event sponsorship dan celebrity endorse sehingga akan meningkatkan citra mereknya.