Unigal Repository

PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN NILAI PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Studi Pada CV. Agung Motor Ciamis)

Show simple item record

dc.contributor.author Firmansyah, Rizal
dc.contributor.author Enas, E
dc.contributor.author Faruk, Mujaddid
dc.date.accessioned 2023-01-12T03:02:34Z
dc.date.available 2023-01-12T03:02:34Z
dc.date.issued 2023-01-06
dc.identifier.issn 3402180256
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/2475
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya loyalitas pelanggan pada CV. Agung Motor Ciamis yang dapat dilihat dari adanya konsumen yang lebih memilih untuk membeli produk sepeda motor ke perusahaan lain, hal ini diakibatkan oleh kepercayaan konsumen terhadap produk yang dipasarkan serta keercayaan konsumen terhadap pelayanan yang diberikan oleh pihak perusahaan. Hal tersebut diakibatkan oleh belum optimalnya kualitas layanan dan nilai-nilai pelanggan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana pengaruh Kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan pada CV. Agung Motor Ciamis?; 2) Bagaimana pengaruh nilai pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada CV. Agung Motor Ciamis?; 3) Bagaimana pengaruh kualitas layanan dan nilai pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan pada CV. Agung Motor Ciamis? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survey dengan pendekatan data kuantitatif. Jumlah populasi yang akan dijadikan objek penelitian adalah rata-rata konsumen CV. Agung Motor Ciamis pada tahun 2017-2021 yaitu sebanyak 426 orang, ukuran sampel yang dipilih adalah sebanyak 81 orang. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan melalui beberapa teknik yaitu studi kepustakaan, studi lapangan dan penyebaran angket. Dari hasil penelitian, dapat ditarik suatu simpulan sebagai berikut: 1) Kualitas layanan pada CV. Agung Motor Ciamis selama ini sudah cukup baik. Selanjutnya berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan pada CV. Agung Motor Ciamis. Artinya jika kualitas layanan sudah baik maka loyalitas konsumen akan meningkat; 2) Nilai pelanggan pada CV. Agung Motor Ciamis selama ini sudah cukup baik. Selanjutnya berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan nilai pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada CV. Agung Motor Ciamis. Artinya jika nilai-nilai pelanggan sudah baik maka loyalitas konsumen akan meningkat; 3) Loyalitas pelanggan pada CV. Agung Motor Ciamis selama ini cukup tinggi. Selanjutnya berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kualitas pelayanan dan nilai pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada CV. Agung Motor Ciamis. Artinya jika kualitas pelayanan dan nilai-nilai pelanggan sudah baik maka loyalitas konsumen akan meningkat. en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis en_US
dc.subject Kualitas Layanan, Nilai Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan en_US
dc.title PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN NILAI PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Studi Pada CV. Agung Motor Ciamis) en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account