Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya loyalitas pelanggan
pada CV. Agung Motor Ciamis yang dapat dilihat dari adanya konsumen yang
lebih memilih untuk membeli produk sepeda motor ke perusahaan lain, hal ini
diakibatkan oleh kepercayaan konsumen terhadap produk yang dipasarkan serta
keercayaan konsumen terhadap pelayanan yang diberikan oleh pihak perusahaan.
Hal tersebut diakibatkan oleh belum optimalnya kualitas layanan dan nilai-nilai
pelanggan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana
pengaruh Kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan pada CV. Agung Motor
Ciamis?; 2) Bagaimana pengaruh nilai pelanggan terhadap loyalitas pelanggan
pada CV. Agung Motor Ciamis?; 3) Bagaimana pengaruh kualitas layanan dan
nilai pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan pada CV. Agung Motor Ciamis?
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
survey dengan pendekatan data kuantitatif. Jumlah populasi yang akan dijadikan
objek penelitian adalah rata-rata konsumen CV. Agung Motor Ciamis pada tahun
2017-2021 yaitu sebanyak 426 orang, ukuran sampel yang dipilih adalah sebanyak
81 orang. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan melalui beberapa
teknik yaitu studi kepustakaan, studi lapangan dan penyebaran angket.
Dari hasil penelitian, dapat ditarik suatu simpulan sebagai berikut: 1)
Kualitas layanan pada CV. Agung Motor Ciamis selama ini sudah cukup baik.
Selanjutnya berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa terdapat
pengaruh yang positif dan signifikan kualitas layanan terhadap loyalitas
pelanggan pada CV. Agung Motor Ciamis. Artinya jika kualitas layanan sudah
baik maka loyalitas konsumen akan meningkat; 2) Nilai pelanggan pada CV.
Agung Motor Ciamis selama ini sudah cukup baik. Selanjutnya berdasarkan hasil
pengujian hipotesis diketahui bahwa terdapat pengaruh yang positif dan
signifikan nilai pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada CV. Agung Motor
Ciamis. Artinya jika nilai-nilai pelanggan sudah baik maka loyalitas konsumen
akan meningkat; 3) Loyalitas pelanggan pada CV. Agung Motor Ciamis selama
ini cukup tinggi. Selanjutnya berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui
bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kualitas pelayanan dan nilai
pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada CV. Agung Motor Ciamis. Artinya
jika kualitas pelayanan dan nilai-nilai pelanggan sudah baik maka loyalitas
konsumen akan meningkat.