Abstract:
Pada umumnya setiap usaha yang dijalankan bertujuan untuk meningkatkan
volume penjualan. Peningkatan volumen penjualan mencerminkan keberhasilan
suatu usaha dalam melaksanakan manajemen dan menjaga kelangsungan usaha
yang dilakukan. Akan tetapi dari hasil observasi bahwa volume penjualan produk
Jahe Merah Viral dalam 3 tahun terakhir mengalami fluktuasi bahkan cenderung
menurun. Hal ini disebabkan kurang optimalnya penentuan harga jual produk dan
masih tergolong tinggi dan belum optimal dalam manarik konsumen melalui
pemberian discount. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
harga terhadap Volume Penjualan pada UMKM Jahe Merah Viral Desa Cileungsir
Kecamatan Rancah; untuk mengetahui pengaruh discount terhadap Volume
Penjualan pada UMKM Jahe Merah Viral Desa Cileungsir Kecamatan Rancah;
dan untuk mengetahui pengaruh hargadandiscount terhadapvolumepenjualan
pada UMKM Jahe Merah Viral Desa Cileungsir Kecamatan Rancah. Metode
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif.
Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis koefisien korelasi sederhana,
analisis koefisien derterminasi, analisis regresi sederhana, analisis regresi
berganda, analisis koefisien korelasi berganda, pengujian secara parsial (uji t), dan
pengujian secara simultan(uji F). Dari hasil penelitian dan pembahasan bahwa
harga berpengarh terhadap Volume Penjualan pada UMKM Jahe Merah Viral
Desa Cileungsir Kecamatan Rancah, dari hasil analisis koefisien korelasi
diperoleh hubungan yang sedang, dari hipotesis penelitian harga berpengaruh
terhadap volume penjualan dan teruji kebenarannya; discount berpengarh terhadap
Volume Penjualan pada UMKM Jahe Merah Viral Desa Cileungsir Kecamatan
Rancah, dari hasil analisis koefisien korelasi diperoleh hubungan yang kuat, dari
hipotesis penelitian, discount berpengaruh terhadap Volume Penjualan dan teruji
kebenarannya; dan harga dan discount berpengarh terhadap volume penjualan
pada UMKM Jahe Merah Viral Desa Cileungsir Kecamatan Rancah, dari hasil
analisis koefisien korelasi berganda, diperoleh hubungan yang kuat, dari hipotesis
penelitian berpengaruh dan teruji kebenarannya. Artinya apabila Harga dan
Discount sudah baik, maka Volume Penjualan akan meningkat. Dengan demikian
hipotesis ketiga dapat diterima dan teruji kebenarannya.