Abstract:
Penelitian ini dilatar belakang masalah penelitian ini adalah banyaknya persaingan
dalam dunia bisnis yang menuntut setiap pengusaha untuk mampu bersaing dalam
dunia bisnis terutama pada sebuah cafe, dan yang kedua adalah adanya beberapa
keluhan dari beberapa pelanggan tentang ketidak nyamanan di cafe tersebut dan
yang terakhir adalah melihat fenomena pada saat bagi kehidupan remaja dan
dewasa nongkrong disebuah cafe menjadi sebuah trend tersendiri dalam
kehidupan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis
apakah Lifestyle dan Store Atmosphere berpengaruh secara serempak maupun
secara parsial terhadap keputusan pembelian di Jembar Tebing Caffe Metode yang
digunakan adalah metode penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif.
Populasi dalam penelitian ini sebanyak 461 orang dan sampel dalam penelitian ini
diambil sebanyak 82 orang. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu analisis
koefisien korelasi sederhana, koefisien determinasi, uji t, analisis regresi linear
berganda, analisis koefisien korelasi berganda, uji F. Dari hasil penelitian dan
pengolahan data menunjukan bahwa lifestyle dan store atmosphere berpengaruh
positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada konsumen Jembar
Tebing Caffe dengan besarnya pengaruh 81% dan sisanya 19% dipengaruhi oleh
faktor lain. Dalam upaya meningkatkan keputusan pembelian pada Jembar Tebing
Caffe sebaiknya bagi pelaku usaha menyesuaikan perkembangan teknologi seperti
menyediakan pembayaran melalui uang elektronik supaya dapat menarik daya beli
konsumen sesuai dengan perkembangan zaman, menjaga citra rasa dan kualitas
sehingga konsumen tertarik untuk memutuskan pembelian serta memanfaatkan
platform online supaya lebih dikenal dan lebih dipercaya oleh konsumen.