Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keputusan pembelian konsumen pada Kedai
Kopi Biji Ciamis belum sepenuhnya optimal, yang dapat dilihat dari penjualan
kedai kopi biji pada periode tahun 2019 sampai dengan tahun 2021 yang terjadi
penurunan penjualan. Hal tersebut diakibatkan oleh belum optimalnya motivasi
konsumen untuk membeli produk yang dipasarkan oleh pihak perusahaan.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana motivasi
konsumen pada Kedai Kopi Biji Ciamis?; 2) Bagaimana keputusan pembelian
konsumen pada Kedai Kopi Biji Ciamis?; 3) Bagaimana pengaruh motivasi
konsumen terhadap keputusan pembelian konsumen pada Kedai Kopi Biji
Ciamis?. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis:
1)Motivasi konsumen pada Kedai Kopi Biji Ciamis; 2) Keputusan pembelian
konsumen pada Kedai Kopi Biji Ciamis; 3) Pengaruh motivasi konsumen
terhadap keputusan pembelian konsumen pada Kedai Kopi Biji Ciamis. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survey dengan
pendekatan data kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah Kedai Kopi Biji
Ciamis yaitu sebanyak 290 orang, sampel yang dipilih adalah sebanyak 74 orang.
Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan melalui beberapa teknik yaitu
studi kepustakaan, studi lapangan dan penyebaran angket. Dari hasil penelitian,
dapat ditarik suatu simpulan sebagai berikut: 1) Motivasi konsumen pada Kedai
Kopi Biji Ciamis adalah tinggi, hal tersebut karena berdasarkan tanggapan
responden mengenai motivasi konsumen dengan indikator yang meliputi
kebutuhan terhadap produk, kebutuhan mencari kenyamanan dari produk dan
kebutuhan mencari kepuasan dari produk yang menunjukkan sudah tinggi; 2)
Keputusan pembelian konsumen pada Kedai kopi Biji Ciamis adalah sangat
tinggi, hal tersebut karena berdasarkan tanggapan responden mengenai keputusan
pembelian konsumen dengan indikator yang meliputi pilihan produk, pilihan
merek, pilihan penyalur, waktu penbelian, jumlah pembelian dan metode
pembayaran yang menunjukkan sangat tinggi; 3) Terdapat pengaruh positif dan
signifikan motivasi konsumen terhadap keputusan pembelian konsumen pada
Kedai kopi Biji Ciamis. Artinya apabila motivasi konsumen sudah tinggi maka
keputusan pembelian konsumen akan meningkat.