dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terjadinya penurunan jumlah konsumen JNE
Cabang Pangandaran pada periode bulan Januari sampai dengan bulan Desember
2021, menurunnya jumlah konsumen dalam menggunakan JNE untuk
mengirimkan produknya berdampak pada menurunnya brand preference JNE
Cabang Pangandaran. Hal tersebut diakibatkan oleh belum optimanya
pelaksanaan unique selling proposition. Adapun rumusan masalah dalam
penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana Unique Selling Proposition pada JNE Cabang
Pangandaran?; 2) Bagaimana Brand Preference pada JNE Cabang Pangandaran?;
3) Bagaimana analisis Unique Selling Proposition Dalam Menciptakan Brand
Preference JNE Cabang Pangandaran?. Adapun dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui: 1) Unique selling proposition pada JNE Cabang Pangandaran; 2)
Brand Preference pada JNE Cabang Pangandaran; 3) Unique selling proposition
dalam menciptakan Brand Preference JNE Cabang Pangandaran. Metode
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode metode survey
pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer
dan sumbe rdata sekunder. Narasumber dalam penelitian ini meliputi pimpinan
cabang, manajer pemasaran dan konsumen JNE Cabang Pangandaran.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa: 1) Pelaksanaan unique selling proposition
pada JNE Cabang Pangandaran sudah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan
indikator-indikator yang telah ditetapkan dalam penelitian ini yaitu favorability,
believability, distinctiveness, compatibility dan attractiveness yang menunjukkan
sudah baik; 2) Brand preference konsumen pada JNE Cabang Pangandaran
selama ini sudah baik sesuai dengan indikator-indikator yang telah ditetapkan
dalam penelitian ini yaitu lebih menyukai merek tertentu dibandingkan dengan
merek lain, menggunakan merek tertentu dibandingkan dengan merek lain dan
lebih cenderung membeli merek tertentu dibandingkan dengan merek lain yang
menunjukkan sudah baik; 3) Pelaksanaan unique selling proposition berperan
dalam menciptakan brand preference pada JNE Cabang Pangandaran. Hal ini
dapat terlihat dari dengan adanya penerapan unique selling proposition yang
sudah baik berdampak kepada peningkatan brand preference konsumen pada JNE
Cabang Pangandaran. Dengan demikian maka apabila penerapan unique selling
proposition sudah baik maka brand preference konsumen akan semakin
meningkat. |
en_US |