Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi sebagai sebuah sistem aplikasi pemasaran yang
tergolong baru, Shopee dinilai lebih mengandung risiko jika dibandingkan dengan
pemasaran yang dilakukan secara konvensional. Hal ini yang kemudian menjadi
pertimbangan bagi konsumen dalam melakukan pembelian online. Adapun
rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana pengaruh harga terhadap
keputusan pembelian pada aplikasi shopee Mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan
Manajemen Angkatan 2018 Universitas Galuh Ciamis?; 2) Bagaimana pengaruh
ulasan produk terhadap keputusan pembelian aplikasi shopee Mahasiswa Fakultas
Ekonomi Jurusan Manajemen Angkatan 2018 Universitas Galuh Ciamis?; 3)
Bagaimana pengaruh harga dan ulasan produk pada aplikasi shopee Mahasiswa
Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Angkatan 2018 Universitas Galuh
Ciamis?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
survey dengan pendekatan data kuantitatif. Dalam penelitian ini pengumpulan data
dilakukan melalui beberapa teknik yaitu studi kepustakaan dan studi lapangan.
Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analaisis analisis asosiatif
yang melipuyi koefisien korelasi sederhana, koefisien determinasi dan penggujian
hipotesis (Uji t), koefisien korelasi berganda, analisis regeresi linier berganda, dan
pengujian hipotesis keseluruhan (Uji F). Dari hasil penelitian, dapat ditarik suatu
simpulan sebagai berikut: 1) 1. Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan pembelian pada aplikasi shopee; 2) Ulasan produk berpengaruh positif
dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada aplikasi shopee. 3) Harga dan
ulasan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian
pada aplikasi shopee. Pihak shopee sebaiknya menambah jenis produk yang dijual
dengan persediaan barang yang cukup, sehingga konsumen tidak kecewa apabila
ingin membeli barang yang diinginkan.