Abstract:
Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Design Packaging dan Varian Product
Terhadap Keputusan Pembelian (Suatu Studi Pada Konsumen Toko Minimarket
Andika Ciamis). Permasalahan yang dihadapi dalam penlitian ini meliputi: 1)
Bagaimana pengaruh design packaging terhadap keputusan pembelian pada
konsumen produk Kopi Kapal Api di Toko Minimarket Andika Ciamis?; 2)
Bagaimana pengaruh varian product terhadap keputusan pembelian pada konsumen
produk Kopi Kapal Api di Toko Minimarket Andika Ciamis?; 3). Bagaimana
pengaruh packaging dan varian product terhadap keputusan pembelian pada
konsumen produk Kopi Kapal Api di Toko Minimarket Ciamis? Adapun Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis 1). Untuk mengetahui
pengaruh design packaging terhadap keputusan pembelian pada konsumen produk
Kopi Kapal Api di Toko Minimarket Andika Ciamis; 2). Untuk mengetahui pengaruh
varian product terhadap keputusan pembelian pada konsumen produk Kopi Kapal
Api di Toko Minimarket Andika Ciamis; 3). Untuk mengetahui pengaruh Packaging
dan varian product terhadap keputusan pembelian pada konsumen produk Kopi
Kapal Api di Toko Minimarket Ciamis.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode survey dengan
jumlah sampel sebanyak 82 responden yaitu konsumen/pelanggan Toko Minimarket
Andika Ciamis yang pemecahan masalah dalam penelitiannya dilakukan dengan
menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif yang dikumpulkan melalui angket
atau kuesioner dari subjek penelitian. Rancangan pengujian hipotesis menggunakan
Analisis Regresi Linier Berganda, Koefisien Korelasi, Koefisien Determinasi,
Pengujian Hipotesis (Uji t) dan pengujian Hipotesis (Uji F).
Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa Design Packaging dan
Varian Product berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian pada Toko
Minimarket Andika Ciamis dengan besarnya pengaruh 74,30% dan sisanya sebesar
46,65% dipengaruhi oleh faktor lain. Uji hipotesis (Uji F) Design Packaging dan
Varian Product terhadap Keputusan Pembelian diketahui bahwa F hitung 23,35> 3,11 F tabel
sebesar 3,11 maka hipotesis diterima berarti terdapat pengaruh design packaging dan
varian product terhadap keputusan pembelian.
Berdasarkan uraian diatas bahwa semakin baik design packaging dan semakin baik
pula varian product yang diberikan perusahaan maka akan semakin tinggi terhadap
keputusan pembelian.