Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi leh keputusan konsumen untuk menggunakan jasa
BRILink Tirta Bagja sebagai transaksi keuangan dan transaksi pembayaran elektronik
belum sepenuhnya optimal. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya konsumen yang
melakukan transaksi baik itu transaksi keuangan dalam bentuk transfer maupun
pembelian token serta pembayaran lainnya seperti setor tunai dan pembayaran tagihan
ke jasa pelayanan lain seperti BTPN Wow, Mandiri Agen dan Agen BNI 46. Hal
tersebut diperkuat oleh data yang diperoleh dari laporan transaksi Agen BRILink
Tirta Bagja Kalipucang selama periode bulan Oktober 2021 sampai dengan Bulan
Februari 2022 yang cenderung berfluktuasi bahkan cenderung tidak mencapai target
yang telah ditentukan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu:
Bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen
pada Agen BRILink Tirta Bagja Kalipucang?, Bagaimana pengaruh persepsi
kemudahan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Agen BRILink Tirta
Bagja Kalipucang?, Bagaimana pengaruh kualitas pelayanan dan persepsi kemudahan
terhadap keputusan pembelian konsumen pada Agen BRILink Tirta Bagja
Kalipucang? . Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis:
Pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Agen
BRILink Tirta Bagja Kalipucang, Pengaruh persepsi kemudahan terhadap keputusan
pembelian konsumen pada Agen BRILink Tirta Bagja Kalipucang, Pengaruh kualitas
pelayanan dan persepsi kemudahan terhadap keputusan pembelian konsumen pada
Agen BRILink Tirta Bagja Kalipucang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah survey dengan pendekatan data kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini
adalah rata konsumen Agen BRILink Tirta Bagja Kalipucang pada bulan Bulan
Oktober 2021 - Februari tahun 2022 yaitu sebanyak 725 orang, sampel yang dipilih
adalah sebanyak 88 orang. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan melalui
beberapa teknik yaitu studi kepustakaan, studi lapangan dan penyebaran angket. Dari
hasil penelitian, dapat ditarik suatu simpulan sebagai berikut: Terdapat pengaruh
positif dan signifikan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen
pada BRILink Tirta Bagja Kalipucang, Terdapat pengaruh positif dan signifikan
persepsi kemudahan terhadap keputusan pembelian konsumen pada BRILink Tirta
Bagja Kalipucang, Terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas pelayanan dan
persepsi kemudahan terhadap keputusan pembelian konsumen pada BRILink Tirta
Bagja Kalipucang. Artinya semakin baik kualitas pelayanan dan persepsi kemudahan
maka keputusan pembelian konsumen akan meningkat.