Abstract:
Bisnis Ritel memegang peranan yang sangat penting baik ditinjau dari sudut
konsumen maupun sudut produsen. Dari sudut produsen, pedagang ritel
dipandang sebagai seorang atau pihak asli dala penjualan produk perusahaannya,
dialah ujung tobak perusahaan yang sangat menentukan terjual tidaknya produk
perusahaan. Sedangkan dari sudut konsumen, pedagang ritel juga memiliki peran
yang sangat penting, karena ia bertindak sebagai agen yang membeli,
mengumpulkan,menyediakan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan dan
keperluan pihak konsumen. Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini
adalah: Bagaimana pengaruh desain produk dan Brand image terhadap keputusan
pembelian produk Jeans Cardinal pada konsumen Toserba Pajajaran?. Adapun
tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh desain
produk dan Brand image terhadap keputusan pembelian produk Jeans Cardinal
pada konsumen Toserba Pajajaran. Metode yang digunakan adalah metode
penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini
sebanyak 3220 orang dan sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 97 orang.
Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu analisis koefisien korelasi
sederhana, koefisien determinasi, uji t, analisis regresi linear berganda, analisis
koefisien korelasi berganda, uji F. Dari hasil penelitian dan pengolahan data
menunjukan bahwa desain produk dan Brand image berpengaruh baik secara
parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian Jeans Cardinal pada
konsumen Toserba Pajajaran dengan besarnya pengaruh 36,24 % dan 63,76%,
dipengaruhi oleh faktor lain. Dalam upaya meningkatkan keputusan pembelian
pada Produk Jeans Cardinal di Toserba Padjajaran sebaiknya bagi pemilik produk
menyesuaikan perkembangan desain produk seperti menyediakan model yang
lebih beragam dan lebih kekinian supaya dapat menarik daya beli konsumen
sesuai dengan perkembangan zaman, menjaga citra rasa dan kualitas sehingga
konsumen tertarik untuk memutuskan pembelian serta lebih memaksimalkan
digitalisasi pemasaran dan branding supaya lebih dikenal dan lebih dipercaya oleh
konsumen.