Abstract:
Penelitian ini difokuskan pada pengaruh visual merchandising dan shop
enjoyment terhadap impulse buying (Studi pada Konsumen Toko Gunasalma
Kawali).
Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana
Pengaruhvisual merchandising terhadap impulse buying diToko Gunasalma
Kawali?2) Bagaimana Pengaruh shop enjoyment terhadap impulse buying di Toko
Gunasalma Kawali? 3)Bagaimana Pengaruh visual merchandising dan shop
enjoyment terhadap impulse buying di Toko Gunasalma Kawali?
Metode yang digunakan adalah metode penelitian survei dengan pendekatan
kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden karena
populasinya sebanyak 20.402 konsumen, yaitu konsumen yang berbelanja di Toko
Gunasalma Kawali dari bulan agustus sampai desember pada tahun 2021, sampel
dihitung berdasarkan rumus slovin. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu
analisis koefisien korelasi sederhana, koefisien determinasi, uji t, analisis regresi
linear berganda, analisis koefisien korelasi berganda, uji F. Dari hasil penelitian
dan pengolahan data menunjukan bahwa visual merchandising dan shop
enjoyment berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying di Toko
Gunasalma Kawali dengan besar pengaruh 51,12% dipengaruhi oleh visual
merchandising dan shop enjoyment, sedangkan sisanya sebasar 48,88%
dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Dalam upaya meningkatkan
impulse buying di Toko Gunasalma Kawali sebaiknya lebih memperhatikan lagi
dalam hal display, karena faktor tersebut sangat penting untuk menarik konsumen
dalam pembelian impulsif, serta lebih memperhatikan lagi dalam aspek bentuk
perhatian karyawan toko terhadap konsumen yang berbelanja, karena bentuk
perhatian karyawan akan membuat konsumen nyaman berbelanja dan tidak
menutup kemungkinan konsumen akan melakukan pembelian secara impulsif.