Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana pemasaran melalui
media sosial pada PT. Masa Indah Group Ciamis?; 2) Bagaimana loyalitas
konsumen pada PT. Masa Indah Group Ciamis?; dan 3) Bagaimana pengaruh
pemasaran melalui media sosial terhadap loyalitas konsumen pada PT. Masa
Indah Group Ciamis?. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan
menganalisis: 1) Pemasaran melalui media sosial pada PT. Masa Indah Group
Ciamis; 2) Loyalitas konsumen pada PT. Masa Indah Group Ciamis; dan 3)
Pengaruh pemasaran melalui media sosial terhadap loyalitas konsumen pada PT.
Masa Indah Group Ciamis. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian
survey. Populasi dalam penelitian ini adalah followers akun Facebook @Mig
Swalayan adalah sebanyak 971 akun, dengan menggunakan teknik simple random
sampling maka sampel dalam penelitian ini sebanyak 91 orang. Sumber data
dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik
pengumpulan data meliputi: kuesioner dan studi kepustakaan. Teknis analisis data
yang digunakan yaitu: analisis koefisien korelasi rank spearman, analisis
koefisien determinasi, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)
Pemasaran melalui media sosial pada PT. Masa Indah Group Ciamis kurang
dilaksanakan secara baik. Hal ini terlihat dari akun facebook @Mig Swalayan
kurang memberikan penjelasan produk yang akurat dan kurang memberikan
informasi yang tepat waktu serta uptodate; 2) Konsumen pada PT. Masa Indah
Group Ciamis memiliki loyalitas yang kurang tinggi. Hal ini terlihat dari followers
akun facebook @Mig Swalayan jarang memposting ulang informasi produk yang
ada di MIG Swalayan dan jarang mengajak followers lain untuk membeli barang
di MIG Swalayan; dan 3) Pemasaran melalui media sosial mempunyai pengaruh
positif dan signifikan terhadap terhadap loyalitas konsumen pada PT. Masa Indah
Group Ciamis.