Abstract:
Penelitian ini difokuskan pada Strategi pemasaran pariwisata pantai pangandaran
dan Upaya peningkatan kunjungan wisata pantai pangandaran.
Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi : 1]. Bagaimana strategi
pemasaran pariwisata pantai pangandaran jawa barat?; 2]. Bagaimana upaya
dalam meningkatkan kunjungan wisata pada lokasi wisata pantai pangandaran
jawa barat?; 3]. Bagaimana analisis strategi pemasaran pariwisata dalam upaya
meningkatkan kunjungan wisata pada lokasi wisata pantai pangandaran jawa
barat?
Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif yaitu untuk
menjelaskan dan menjabarkan fenomena terkait penerapan Strategi Pemasaran
Pariwisata Dalam Upaya Meningkatkan Kunjungan Wisata Pantai Pangandaran
Jawa Barat. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan
Pengumpulan data, Reduksi data, Display Data dan Verifikasi.
Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa Strategi pemasaran
pariwisata Pantai Pangandaran yang telah dilakukan oleh pihak pengelola sudah
cukup baik, baik dari segi harga maupun promosi. Akan tetapi dari segi produk
masih perlu pengembangan sehingga produk wisata yang ditawarkan dapat lebih
bervariatif.
Disarankan untuk bekerjasama dengan masyarakat dan Pemerintah daerah dalam
mengembangkan ODTW (Objek Daya Tarik Wisata) yang bertujuan untuk
mensejahterakan masyarakat disekitar objek wisata dan menciptakan iklim
investasi yang kondusif di sektor pariwisata serta menjalin kerjasama dengan
pihak luar dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan dengan
memanfaatkan kondisi dan sumber daya yang ada.