Abstract:
Penelitian ini difokuskan pada pengaruh persepsi risiko dan persepsi manfaat
terhadap keputusan pembelian secara online pada pelanggan Lazada (suatu studi
pada Mahasiswa Universitas Galuh Fakultas Ekonomi Prodi Manajemen Tahun
2018).
Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi : 1]Bagaimana
pengaruh persepsi risiko terhadap keputusan pembelian secara online
menggunakan lazada?; 2]Bagaimana pengaruh persepsi manfaat terhadap
keputusan pembelian secara online menggunakan lazada?; 3]Bagaimana pengaruh
persepsi manfaat dan persepsi risiko terhadap keputusan pembelian secara online
menggunakan lazada?. Adapun tujuan ini untuk mengetahui dan menganalisis: 1]
Pengaruh persepsi risiko terhadap keputusan pembelian secara online
menggunakan lazada; 2] pengaruh persepsi manfaat terhadap keputusan
pembelian secara online menggunakan lazada; 3] pengaruh persepsi manfaat dan
persepsi risiko terhadap keputusan pembelian secara online menggunakan lazada.
Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode survey
deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan yaitu
sample jenuh sebanyak 79 Mahasiswa. Sedangkan untuk menganalisis data yang
diperoleh digunakanan analisis koefisien korelasi, determinasi, regresi sederhana
dan uji Hipotesis menggunakan Uji signifikansi (Uji t dan Uji F).
Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa persepsi risiko
berpengaruh terhadap keputusan pembelian secara online di Lazada; persepsi
manfaat berpengaruh terhadap keputusan pembelian secara online di Lazada;
Persepsi risiko dan persepsi manfaat berpengaruh terhadap keputusan pembelian
secara online di Lazada. Maka sebaiknya perusahaan mampu meningkatkan
keputusan pembelian konsumen melalui penurunan risiko dan peningkatan
manfaatnya.