Abstract:
Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Rational Buying Motive dan Emotional
Buying Motive Terhadap Repurchase Intention (Suatu Studi pada Toko Al-Hasan
SMESCO Kertasari Ciamis).
Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi : 1. Bagaimana
pengaruh rational buying motive terhadap repurchase intention pada Toko Al-
Hasan SMESCO Kertasari Ciamis?; 2. Bagaimana pengaruh emotional buying
motive terhadap repurchase intention pada Toko Al-Hasan SMESCO Kertasari
Ciamis?; 3.Bagaimana pengaru rational buying motive dan emotional buying
motive terhadap repurchase intention pada Toko Al-Hasan SMESCO Kertasari
Ciamis?.
Adapun tujuan penelitian ini adalah 1. Pengaruh rational buying motive terhadap
repurchase intention Toko Al-Hasan SMESCO Kertasari Ciamis; 2. Pengaruh
emotional buying motive terhadap repurchase intention Toko Al-Hasan SMESCO
Kertasari Ciamis; 3. Pengaruh rational buying motive dan emotional buying
motive terhadap repurchase intention Toko Al-Hasan SMESCO Kertasai Ciamis.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan
teknik survey. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan
Analisis Koefisien Korelasi Produck Moment, Uji Koefisien Determinasi dan Uji
Hipotesis menggunakan Uji Signifikasi Uji t dan Uji f.
Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa besarnya presentase
pengaruh rationanal buying motive dan emotional buying motive terhadap
repurchase intention sebesar 21,7478112% sedangkan sisanya 78,2521888%
merupakan faktor lain yang tidak diteliti.
Diharapkan perusahaan memerhatikan beberapa atribut lain agar minat beli oleh
konsumen pada Toko Al Hasan SMESCO Kertasari Ciamis lebih meningkat
seperti bauran-bauran pemasaran dan meningkatkan lagi keunggulan-keunggulan
yang dimiliki dengan terus melakukan inovasi-inovasi untuk perkembangan dan
kesempurnan produk Toko Al Hasan SMESCO Kertasari Ciamis di masa
mendatang.