Abstract:
Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi : 1].
Bagaimana Pengaruh Market Orientation dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja
Usaha pada UMKM Martabak di Kota Banjar baik secara parsial maupun
simultan?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Market
Orientation dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Usaha pada UMKM Martabak
di Kota Banjar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian
survei dengan pendekatan kuantitatif dengan Teknik pengambilan sampel yaitu
Sampling Jenuh. Sumber data dalam penelitian ini adalah data sekunder dan data
primer dengan menggunakan Uji Analisis Regresi Sederhana, Analisis Regresi
linier Berganda, Analisis Koefisien Korelasi Product Moment, Analisis Koefisien
Korelasi Berganda, Analisis Koefisien Determinasi, Uji Hipotesis menggunakan
Uji T dan Uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Market Orientation
berpengaruh terhadap Kinerja Usaha. 2). Inovasi Produk berpengaruh terhadap
Kinerja Usaha. 3). Market Orientation dan Inovasi Produk secara simultan
berpengaruh terhadap Kinerja Usaha